Tuesday 26 July 2016

Linux Operating System – Kelebihan Dan Kekurangan Linux

Kelebihan Dan Kekurangan Linux - Linux merupakan salah satu sistem operasi komputer yang sangat populer di Dunia, bahkan tersebar luas hingga ke Indonesia. Para pengguna sistem operasi ini kebanyakan memanfaatkan untuk membuat sebuah program dan juga melakukan modifikasi tertentu. Walaupun tidak sepopuler seperti sistem windows pada umumnya namun linux sangat diminati dan sering kali dipakai oleh para pecinta Programer.
Kalau anda merupakan seorang Programer mungkin sistem operasi ini tidak akan anda lewatkan. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open Source yang mana bebas digunakan dan di modifikasi oleh siapa saja. Jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti windows tentu saja lebih sulit penggunaannya.
Linux pertama kali dikeluarkan dengan nama yang berbeda yaitu UNIX. Pada tahun 1968 Ken Thomson dan juga Dennis Ritchie Dari Amerika mengembangkan sistem operasi ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yang mana mereka menggunakan sistem operasi ini yang mudah untuk diimplementasikan dengan berbagai platform jenis apapun dengan berbasis sistem source C.
Linux Operating System – Kelebihan Dan Kekurangan Linux
Linux sendiri berkembang dengan baik hingga ke versi yang lebih tinggi dan mudah untuk didapatkan secara gratis, nah sahabat internet kali ini saya akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Linux ini sendiri seperti apa sehingga teman-teman bisa paham betul seperti apa sistem operasi Linux tersebut.
Kelebihan sistem Operasi Linux :
1. Harganya Jauh lebih Murah
Yang pertama yaitu mengenai harganya sendiri, untuk Linux sendiri dijual secara resmi hanya sekitar Rp.500 ribuan saja dan memang jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti windows .
2. Memiliki Code 32 Bit
Sistem operasi Linux memiliki Code 32 yang mana dengan sistem operasi ini akan menghindari peluang terjadinya Crash atau kerusakan pada sistem komputer maupun pada sistem lainnya. User sama sekali tidak perlu khawatir jika ingin menginstal sebuah aplikasi yang mana takut jika Komputer tidak bisa stabil menjalankan aplikasi tersebut.
3. Memiliki tingkat keamanan yang baik
Berbeda dengan sistem operasi lain pada umumnya, untuk para pengguna Linux akan lebih aman dari serangan virus dan juga serangan peretasan lainnya, Linux mempunyai keamanan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sistem operasi pada umumnya. Itulah kenapa linux sering kali dimanfaatkan oleh para programer untuk membuat sebuah aplikasi, Namun sayang sekali penggunaanya yang cukup rumit membuat linux kurang diminati oleh masyarakat.
4. Tampilan Grafik yang baik
Selain itu juga tampilan Grafik yang diberikan oleh Linux sendiri cukup baik dan lebih Eyes dibandingkan dengan tampilan Grafik yang diberikan oleh sistem operasi lain pada umumnya.
5. Mudah melakukan modifikasi source Code
Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa sistem operasi satu ini memang sekali mudah untuk digunakan dalam modifikasi Program dan juga modifikasi sistem tertentu. Dan tentu saja user yang pandai dalam pemograman yang pandai dengan hal seperti ini.
#. Mendukung akses 33 File sistem
Yang berikutnya Linux berbeda dengan sistem operasi pada umumnya, yang membedakan yaitu linux mempunyai hak akses penuh untuk merubah File dalam bentuk Format Video, Format sofware dan juga File, Format gambar dan lain-lainnya.
Kekurangan Sistem Operasi Linux :
Secara singkat ada beberapa yang menjadi kekurangan dari sistem operasi linux ini, walaupun kekuranganya hanya sedikit dibandingkan dengan banyaknya kelebihan dari linux tersebut, tapi setidaknya anda patut untuk meninjau sebelum menggunakannya.
1. Bagi seorang pemula akan sangat sulit untuk mempelajarinya, apalagi untuk anda yang sama sekali belum mempunyai skill dalam bidang komputer
2. Walaupun linux bisa mendukung akses 33 file sistem. Tapi, ada juga beberapa aplikasi yang belum dapat didukungnya. Jadi sangat terbatas dalam penggunaan banyaknya aplikasi.
Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux. Bisa anda lihat, itu adalah beberapa riset yang bisa saya simpulkan untuk anda apabila menginginkan review tentang sistem operasi linus ini.
Saya belum bisa mengatakan bahwa teori ini sangat lengkap, jadi saya harapkan anda bisa memberi masukan kepada saya baik berupa kritik maupun saran dalam komentar dibawah agar nanti artikel saya yang satu ini beserta artikel yang lainya bisa berkembang dan bisa sangat bermutu untuk teman-teman sahabat komputer lainnya.
Terima kasih 

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon