Saturday 6 February 2016

Cara Memperbaiki Hardisk yang Mengalami Bad Sector

Panduanmu.net - Hardisk adalah salah satu komponen yang terdapat pada komputer atau PC. Dimana hardisk merupakan tempat penyimpanan yang ada pada komputer dengan kapasitas yang cukup besar. Namun apa jadinya jika pada bagian hardisk tersebut mengalami kerusakan atau yang sering dikenal dengan istilah bad sector. Pasti komputer yang Anda miliki pernah mengalami gangguan bed sector pada hardisknya. Hardisk disini maksudnya adalah komponen yang terdapat pada operator system hardisk tidak dapat bekerja atau membaca secara maksimal yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Lalu apakah komputer yang mengalami masalah atau gangguan hardisk bad sector dapat diperbaiki dan dapat beroperasi secara normal kembali.


Cara Memperbaiki Hardisk yang Mengalami Bad Sector


Perlu Anda ketahui kerusakan yang berakibat pada gangguan hardisk disini ada 2 macam yaitu kerusakan pada hardware hardisk atau pada software hardisk. Jika kerusakan yang terjadi adalah pada bagian hardware mungkin Anda harus melakukan service komputer pada teknisi yang sudah ahli dibidang tersebut, karena jika kerusakan hardisk bad sector terjadi pada komponen hardware maka harus dilakukan pembenahan sistem di dalamnya dan komputer harus dibongkar. Biasanya kerusakan pada hardisk bad sector ini terjadi akibat dari komputer yang terkena air atau panas yang berlebih, komputer terjatuh dengan goncangan yang sangat keras sehingga merusak sistem piringan di dalam hardisk, atau bisa juga karena terdapat debu di dalam hardisk tersebut.
Namun jika kerusakan hardisk bad sector terdapat pada sistem software, maka hal ini masih dapat diperbaiki dengan menggunakan beberapa software pendukung yang dapat mengembalikan sistem kerja komputer yang mengalami hardisk bad sector. Biasanya jika kerusakan masih ringan komputer hanya mengalami loading system yang sangat lama ketika Anda melakukan penyimpanan atau pada saat komputer sedang membaca sebuah file yang akan Anda buka.
Ada beberapa hal yang sering Anda lakukan tanpa disadari dapat merusak sistem operasi dari software hardisk yang dapat mengakibatkan terjadinya hardisk bad sector adalah:
  1. Sering mematikan komputer secara tiba-tiba dengan prosedur yang tidak benar (mematikan komputer langsung dengan menekan tombol power off)
  2. Anti virus yang bekerja pada komputer tidak selalu di update sehingga tisak dapat mendeteksi virus secara menyeluruh.
  3. Memakai komputer dalam waktu yang lama tanpa di lengkapi dengan pendingin PC. Sehingga mesin komputer mengalami panas secara berlebih.
  4. Sering membuka tutup data atau file secara terus menerus tanpa menunggu proses loadingnya, dsb.

Untuk menghindari terjadinya hardisk bad sector sebaiknya hindari hal-hal di atas. Nah setelah mengetahui beberapa tindakan yang dapat merusak hardisk di dalam komputer. disini juga ada cara memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector.
  • Buka pada bagian windows explorer, setelah itu tekan pada bagian windows dengan disertai menekan huruf E pada keybord.
  • Setelah itu klik kanan kemudian pilih tulisan propertis.
  • Buka pada bagian tools lalu pilih error checkers, klik bagian check now. Setelah itu beri tanda centang pada bagian tersebut. Klik START.
  • Setelah itu tunggu komputer Anda akan melakukan restart secara otomatis.
  • Biarkan komputer dan tunggu proses pengecekan hardisk bad sector dengan sabar karena prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Sebaiknya pastikan bahwa baterai komputer masih dalam keadaan full, karena jika baterai drop maka harus mengulang prosesnya dari awal lagi.
Itulah beberapa cara untuk memperbaiki gangguan hardisk bad sector yang terjadi pada komputer Anda. Rawatlah komputer secara baik agar hardisk tidak mengalami kerusakan secara permanen.

Baca Juga Artikel Yang Satu ini Tentang : 4 Hardisk Terhandal Di Dunia

2 comments

Nambah lagi ilmu komputer saya.

iyaa gan, :) baca lagi artikel yang lainnya yah, siapa tahu bisa menambah wawasan lagi

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon