Saturday 16 July 2016

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak Dokumen

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak Dokumen - Printer merupakan salah satu alat pengeluaran atau Output yang merupakan salah satu bagian dari Komponen Komputer sendiri yaitu input dan output. Printer menjadi salah satu kebutuhan para orang-orang baik anak kuliahan dan juga para pekerja kantoran yang digunakan untuk membuat laporan pekerjaan dan lain-lain.

Nah sahabat komputer, sering kali printer yang mengalami kerusakan sendiri baik pada saat pengeluaran dan proses pencetakan dokumen. Yang sering kali terjadi yaitu printer yang sama sekali tidak bisa mencetak Dokumen. Sehingga dokumen yang diinput dari komputer tidak bisa tercetak dengan baik atau malah sama sekali tidak bisa keluar dari printer.

Berikut ini saya akan memberikan solusi mengenai masalah anda mengenai printer yang sama sekali tidak bisa mencetak dokumen.

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak Dokumen


Langkah-langkah memperbaiki Printer yang tidak bisa mencetak dokumen

Tahap pertama :

Untuk tahap pertama ini anda bisa mengosongkan pada bagian Print Queue yang mana bagian ini merupakan settingan yang pada saat instal printer baik di laptop ataupun di Pc anda, nah bersihkan terlebih dahulu bagian Print Queue ini agar proses print bisa berjalan dengan baik. Apa tujuan dengan mengosongkan bagian ini ? Yaitu anda bisa mencancel semua dokumen yang tadi sebelumnya sudah anda print. cara ini memang sangat jitu agar semua dokumen tadi tidak bekerja 2 kali jika printer sudah jadi. Nah setelah anda cancel anda bisa mencoba tahap pengeprint yang kedua apakah sudah berjalan dengan baik atau belum. Jika belum ada kemungkinan ada kerusakan lain dari printer anda.

Tahap kedua :

Tahap kedua ini anda bisa masuk ke services.msc. Nah untuk melanjutkan ketahap berikutnya anda klik tombol windows + R. Kemudian ketikan services.msc pada kolom run. Klik enter dan akan terbuka menu baru, menu baru ini berisikan sejumlah settingan Hardwere yang masuk ke komputer dan juga Laptop anda. Scroll kebawah dan cari menu Print Spooler, nah kalau sudah ketemu anda tinggak non aktifkan saja dengan cara cancel.

Nah ingat jangan keluarkan terlebih dahulu spooler tadi, langkah yang harus anda lanjutkan yaitu dengan masuk kesini terlebih dahulu C:\Windows\system32\spool\printers. Kemudian anda akan melihat beberapa jumlah dokumen yang sedang pending karena printer gagal mengeluarkan dokumen, Klik CTRL + A dan hapus dengan DELETE.

Langkah berikutnya anda masuk kembali ke menu Spooler tadi, kemudian klik Kanan, Start dan lalu close menu spooler.

Dan silahkan coba untuk melakukan print dokumen kembali apakah sudah berjalan dengan lancar atau belum.
Nah silahkan coba kembali, mungkin lebih baiknya kalau anda restart terlebih dahulu komputer atau PC anda sehingga settingan benar-benar tersimpan dengan baik, hidupkan komputer atau Pc lagi dan coba untuk mengeprint dokumen yang sama atau dokumen lain terlebih dahulu.

Cek kondisi print baik tinta dan juga settingan kertas apakah berjalan dengan baik atau tidak. Jika sudah semuanya silahkan coba print gambar atau Teks.

Nah sekian dulu postingan mengenai cara mengatasi print yang tidak bisa untuk mengeluarkan dokumen atau memproses hasil data.

Dari pengalaman saya yang sering terjadi masalah seperti itu, dengan melakukan cara diatas printer seharusnya sudah jadi. Dan apabila printernya masih juga mengalami masalah yang lain, coba anda langsung bawa saja ke tempat service printer.

Untuk masalah yang lainnya mengenai kerusakan printer nanti akan saya bahas pada postingan-postingan saya selanjutnya. Jadi tetap subscriber blog ini agar teman-teman sahabat komputer tidak akan ketinggalan informasi terbaru dari blog ini.

Jangan lupa like dan share artikel ini apabila anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat yah.

Terima kasih J

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon