Thursday 14 July 2016

Cara Membuka Website Yang Sulit Diakses Dengan Flush DNS

Cara Membuka Website Yang Sulit Diakses Denga Flush DNS - DNS cache merupakan sebuah ruang penyimpanan kecil khusus untuk menyimpan seluruh alamat IP yang sudah diakses melalui perangkat komputer sehingga semua data IP tersimpan dan bisa diakses kembali jika anda membutuhkannya.

Pada sisi lain tujuan dari penyimpanan ini sendiri yaitu untuk memudahkan dalam akses sebuah website itu sendiri. Yang mana kadang masalah ini juga sering muncul yaitu tidak bisa membuka website yang sulit untuk diakses menggunakan Flush DNS. Nah bagi anda yang ingin tahu permasalahannya seperti apa silahkan simak ulasannya dibawah ini yah.

Cara Membuka Website Yang Sulit Diakses Dengan Flush DNS


Pengertian DNS Cache :

DNS Cache merupakan salah satu penyimpanan didalam dunia internet, yang mana bertugas untuk menyimpan segala bentuk alamat IP yang diakses melalui sistem komputer maupun Laptop melalui browser internet. Dari sana kita bisa melihat beberapa bentuk penyimpanan mulai dari tanggal kemarin dan seterusnya.

Namun yang menjadi masalah disini yaitu dari versi Cache sendiri yang digunakan kadang sama sekali tidak kompatible dengan penggunaan internet dan menyebabkan website tertentu tidak bisa diakses dengan mudah. Pada umumnya setiap Cache yang disimpan akan mempunyai TTL ( Time To Live ) . yaitu sebuah nilai waktu hidup yang digantikan dengan nilai cache yang baru. Beberapa kekurangan dari penggunaan Cache ini sendiri juga cukup banyak menyelimuti para pengguna website.


Untuk Waktu propagasi, waktu paling rentang biasanya antara perubahan cache lama dan baru cukup lama. Saya mengambil contoh penjelasan dari Wikipedia.org yang memberikan penjelasan secara rinci mengenai penggunaan Cache ini. Jika anda sebagia user dan admin sebuah web telah mengatur TTL selama 7 jam untuk menghost www.bloganda.org, kemudian mengganti alamat IP dari www.bloganda.org pada pukul 13:01, anda juga harus mempertimbangkan bahwa ada (paling tidak) satu individu yang menyimpan cache jawaban dengan nilai lama pada pk 13:00 tidak akan menghubungi server DNS sampai dengan pk 19:00. Periode antara pk 13:00 dan pk 19:00 ini disebut sebagai waktu propagasi (propagation time).

Flushing DNS

Berbicara mengenai Flushing DNS akan lebih mudah jika diibaratkan sebagai siraman untuk membersihkan, hal ini dilakukan untuk membersihkan cache dengan waktu yang cukup lama dan digantikan dengan cache yang masih baru sehingga tidak selamanya cache lama bisa bertahan secara permanen.

Dengan adanya pembersihan Cache secara rutin bisa memaksimalkan hasil pencarian yang lebih baik dan juga penyimpanan terlihat lebih segar dibandingkan dengan penyimpanan yang terlalu lama. Sehingga seminimal mungkin mempunyai keuntungan miss komunikasi akan terkurangi dari sebelumnya.

Untuk penggunaan Flushing Dns ini setiap browser yang canggih pasti sudah terdapat secara otomatis seperti google Chrome dan juga Mozilla Firefox yang mana walaupun ada pemasangan cache secara manual paling tidak sudah ada pembuktian langsung bahwa keberadaan cache ini bisa memberikan kentungan sendiri untuk para pengguan website.

Hal seperti ini sebenarnya bisa dilakukan secara manual dengan pemasangan exstension terlebih dahulu yaitu menggunakan extension gratisan yang ada disetiap browser. Namun penggunaan DNS Flush ini akan lebih bekerja dengan baik jika anda menggunakan versi yang terbaru dan menggunakanya dengan browser yang mempunyai teknologi lebih tinggi.

Nah itulah sedikit pengertian mengenai akses halaman website yang tidak bisa dibuka dengan menggunakn Flushing DNS. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah.

Apabila artikel ini dirasa sangat bermanfaat tolong share dan like fanpage kami yah. Jangan lupa subscribe agar tidak ketinggalan informasi yang terbaru dari dari blog ini.

Terima kasih J

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon