Monday 21 March 2016

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak


Panduanmu.net – Siapa yang tidak mengenal dengan benda kecil ini ?. semua orang pasti sudah tahu yang namanya flashdisk ini, baik remaja ataupun orang dewasa. Flashdisk merupakan sebuah perangkat keras external yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Karena didesain dengan bentuk kecil, jadi perangkat yang satu ini sangat mudah untuk bisa di bawa kemana-mana.
 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Diantara banyaknya pengguna flashdisk ini apalagi remaja, pasti sering melupakan beberapa aspek yang bisa merusak kondisi dari flashdisk tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa, flashdisk ini sudah di jual dengan berbagai kapasitas, mulai dari yang 2 Gb sampai dengan yang 32 Gb. Jadi setiap flashdisk yang mempunyai kapasitas tertentu memiliki harga yang berbeda-beda dan ini semua orang pasti sudah tahu.


Seperti yang sudah saya katakan tadi, ada beberapa aspek yang bisa merusak flashdisk yang anda punyai baik itu yang anda sadari ataupun yang tidak anda sadari. Dan pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa aspek yang bisa merusak flashdisk beserta tips untuk merawat flashdisk agar tidak cepat rusak.

1. Flashdisk Terserang Virus

Poin ini yang kebanyakan orang tidak tahu. Memang virus untuk menjangkiti sebuah flashdisk ada yang bisa diketahui dan ada yang tidak bisa di ketahui. Biasanya virus ini anda dapatkan pada saat anda mencolokkan flashdisk tersebut ke sebuah komputer yang mempunyai banyak virus, dan apabila flashdisk ini di colokkan ke sebuah komputer yang tidak ada virusnya bisa-bisa komputer tersebut akan terserang oleh virus dari komputer yang lain.

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Solusi yang anda lakukan adalah, sesering mungkin untuk bisa mengscan flashdisk anda sesudah menggunakannya dari komputer yang sebelumnya anda colokkan flashdisk tersebut. Dan kegiatan untuk melakukan scanning flashdisk ini harus anda biasakan setiap akan mencabutnya dari komputer yang anda gunakan.

2. Serakah Dalam Menyimpan Data

Serakah dalam menyimpan data ini maksudnya adalah, terlalu memaksakan flashdisk untuk bisa menyimpan banyak file dan tidak memikirkan flashdisk tesebut untuk full. Apabila anda memaksakan flashdisk tersebut terutama dalam menyalin file yang mempunyai ukuran yang sangat besar, bisa-bisa flashdisk anda di kemudian hari akan mengalami penurunan kecepatan transfer data dan ini harus anda perhatikan selalu

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Solusi yang anda lakukan adalah, biasakan sebelum anda menyalin sebuah file, compresslah terlebih dahulu agar file yang disalin tidak terlalu besar. Menurut saya pribadi, sisakan flashdisk tersebut minimal 1 Gb. Apabila anda ingin menyalin file yang sangat besar misalnya game, film atau yang lainnya saya sarankan untuk menggunakan hardisk external


3. Tidak Melakukan Eject Sesudah Menggunakan Flashdisk


Ini lagi yang sering banyak orang lupakan, terkadang mereka malas untuk melakukan eject flashdisk ini dan pada akhirnya flashdisk merekapun menjadi rusak. Eject flashdisk ini berfungsi agar flashdisk tersebut tidak menjadi Corrupt files. Corrupt files di flashdisk ini di tandakan dengan tidak bisa dibukanya file yang ada dalam flashdisk tersebut, bukan hanya itu juga, bisa-bisa flashdisk andapun tidak akan terbaca oleh komputer

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Solusi yang anda lakukan adalah, sesudah menggunakan flashdisk dan anda ingin mencabutnya, biasakan untuk melakukan eject terlebih dahulu.

4. Tidak Menutup Socket Flashdisk

Semua flashdisk pasti mempunyai penutupnya. Karena, dengan adanya penutup untuk socket flashdisk tersebut akan menghindari flashdisk dari debu yang ada di sekitar anda. Jika flashdisk anda terkena debu dan menutupi kuningan dari flashdisk, sudah pasti flashdisk anda tidak akan pernah terbaca oleh komputer karena kuningan flashdisk tidak akan terhubung dengan kuningan yang ada di port usb komputer

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Solusi yang harus anda lakukan adalah, Jangan pernah untuk membiarkan flashdisk anda terbuka-buka, dan sesudah menggunakannya biasakan untuk selalu menutupnya kembali.

5. Flashdisk Terkena Air

Pada beberapa waktu lalu, saya mengalami hal yang satu ini. flashdisk yang tersimpan di kantong celana saya itu terendam sekalian dengan celananya. Dan teman saya pernah mengatakan, apabila flashdisk terkena air, jangan pernah untuk menggunakannya sementara flashdisk masih basah dan biarkan flashdisk mengering terlebih dahulu. Setelah flashdisk kering alhamdulillah flashdisk saya bisa digunakan kembali.

Flahsdisk memang barang elektronik dan semua orang pasti tahu bahwa barang elektronik ini sangat sensifit dan rawan apabila terkena air.

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Solusi yang anda lakukan adalah, sesudah anda menggunakan flashdisk tersebut, simpanlah flashdisk anda di tempat yang aman, jangan pernah untuk menyimpannya di kantong celana atau disaku kemeja. Ini mengantisipasi apabila dikemudian hari anda melupakannya.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk anda tentang cara merawat flashdisk aggar tidak cepat rusak.


2 comments

ooooh walah jadi yang membuat flasdisk saya cepet rusak karena sering mencabut flasdisk tanpa di eject terlebih dahulu ya, thanks gan informasinya sangat membantu ane

iyaa gan, jadi harus dirawat baik-baik juga flashdisknya. agar tidak mengurangi biaya lagi kalau ingin ganti :D

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon