Sunday 20 March 2016

5 Tips Cara Merawat Hardisk Yang Baik Dan Benar


Panduanmu.net – Di antara anda semua yang sering menggunakan pc ataupun laptop, pasti sudah tahu tentang hardisk ini. Hardisk atau di singkat HDD ini merupakan sebuah perangkat yang berperan penting dalam menjalankan sistem operasi sebuah PC. Kalau tanpa perangkat keras yang satu ini, tidak ada tempat untuk bisa menyimpan file-file yang anda perlukan termasuk untuk menyimpan file operating system.
 5 Tips Cara Merawat Hardisk Yang Baik Dan Benar

Disekian banyaknya pengguna komputer baik itu yang pemula ataupun yang sudah professional pasti sering direpotkan oleh beberapa permasalahan yang di timbulkan oleh hardisk ini. salah satu yang bisa merepotkan penggunanya adalah, hardisk mengalami bad sector, tidak terbaca, ataupun kendala lainnya.


Maka dari itu, jika anda sayang pada hardisk anda, rawatlah hardisk anda dengan baik dan benar. Pada postingan ini saya akan memberikan sebuah tips terbaik untuk anda agar bisa bisa merawat hardisk tersebut dengan baik dan benar.

Tips Terbaik Cara Merawat Hardisk Yang Baik Dan Benar

1. Jangan matikan komputer secara paksa

Ini yang sering anda lakukan,biasanya perlakuan ini di lakukan pada saat komputer mengalami hang. Menurut saya, pada saat komputer mengalami hang, memang ini cara satu-satunya untuk bisa mematikan komputer tersebut.

Tapi apabila komputer anda baik-baik saja jangan pernah mematikan komputer secara paksa, alasannya karena, komputer yang dimatikan secara paksa, akan membuat hardisk berhenti secara tiba-tiba karena hilangkan tegangan listrik secara mendadak. Jadi matikan komputer melalui tombol shutdown.

2. Jangan biarkan hardisk full

Ini lagi yang sering dilakukan oleh pengguna komputer untuk pemula. Saran saya jangan pernah membuat kapasitas hardisk anda menjadi full. Selain bisa memperpanjang umur HDD, ini juga bisa mempercepat kinerja PC. Apabila dibiarkan Full, kendala yang paling sering terjadi yaitu melambatnya kinerja perangkat PC dan sistem operasi.

3. Letakkan CPU pada suhu udara yang baik

CPU apabila anda letakkan di tempat yang lembab atau di tempat yang agak panas, bisa-bisa komponen yang ada di dalam CPU tersebut akan cepat rusak termasuk juga hardisk karena terlalu menahan panasnya suhu. Alangkah baiknya letakkan CPU di tempat yang berAc. Sampai kapanpun pc anda akan tetap dingin dan tidak akan pernah panas :D

4. Lakukan Defrag Hardisk Secara Rutin

Dengan melakukan defragmentation ini bisa mengatur file-file yang ada di dalam hardisk anda dengan sangat rapi termasuk membuang file sampah yang tidak diperlukan. Minimal lakukan defrag hardisk ini setiap seminggu sekali.

5. Pastikan tegangan listrik tetap stabil

Ini poin penting yang harus anda perhatikan. Karena, jika tegangan listrik tidak stabil akan mempengaruhi tegangan listrik ke komponen yang lainnya termasuk komponen Hardisk.

Untuk kesimpulannya, gunakan Stabilizer PC. Kenapa kita menggunakan perangkat tersebut ?. Stabilizer Pc merupakan sebuah perangkat yang bisa menyimpan tegangan listrik dalam jangka waktu yang sangat singkat. Dalam artian kita mengantisipasi apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. 

Apabila listrik di rumah anda tiba-tiba mati, PC tidak akan mati karena Stabilizer pc itulah yang masih memberi sebuah tegangan listrik ke PC agar masih menyala. Dari situlah kita di anjurkan untuk bisa melakukan shutdown komputer sesempat mungkin.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk anda, apabila postingan ini bermanfaat jangan lupa share yah agar banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga Artikel Tentang : 4 Hardisk Terhandap Didunia

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon