Sunday 14 February 2016

Pengertian Wireless Pada Jaringan Komputer

Panduanmu.net - Untuk anak muda tentu sudah asing lagi yang namanya wireless atau wifi, kita sering menjumapi wifi sekarang ini sudah banyak digunakan di toko, warung, hotel dll. Namun apakah sudah tahu apakah wireless itu? Jika ingin tahu tentang wifi, artikel ini menjelaskan tentang wireless pada jaringan komputer, namun sebelumnya jika belum pernah tahu tentang cara merubah DNS, bisa simak pada postingan sebelumnya, hal ini untuk memperdalam ilmu tentang komputer untuk kita semua, berikut ini penjelasan dari pada wireless pada jaringan komputer.

Pengertian Wireless Pada Jaringan Komputer

Pengertian Wireless / Wifi

Wireless atau wifi menurut arti yang umum adalah “tanpa kabel” artinya yaitu untuk melakukan suatu hubungan telekomunikasi dengan jaringan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel tersebut, jadi bisa kita mengerti bahwa dengan memanfaatkan wireless kita tidak lagi harus menggunakan kabel sebagai pengubung antar jaringan, banyak yang tidak tahu tentang hal ini, bahkan dari sekian banyak orang mengira bahwa dengan menggunakan wifi akan semakin cepat koneksi ke internet, hal ini tergantung dari jaringan yang digunakan apakah memungkinkan atau tidak, wirelesss sendiri merupakan salah satu pemancar yang memiliki frequensi agar bisa terjangkau oleh pengguna, yang dimana pengguna tidak lagi harus menggunakan kebal sebagai koneksi. Ini salah satu inovasi terbaru yang tentunya sangat efiesien & lebih tepat. Dan termasuk salah satu hasil pengembangan teknologi terbaru dari jaringan LAN. Kenapa seperti LAN? Karena sifat dari pada wireless ini sendiri memiliki jangkauan yang terbatas.

Teknologi wireless atau wifi memang berkembang sangat pesat, bahkan sekarang ini orang sangat mudah untuk bisa terkoneksi dengan internet tanpa harus menggunakan kabel, yang diperlukan untuk terkoneksi dengan wifi adalah passwords saja.

Cara Kerja Wireless / Wifi

Cara kerja wireless diawali dari built transreceiver seperti wakly talky (Transreceiver merupakan sebutan dari adapter wireless). Dan pada intinya Adaptor wireless akan melakukan pekerjaan, yaitu:

  • Pertama, mendeteksi jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan juga tuning untuk menghubungkan penerima yang mendeteksi setiap sinyal yang masuk.
  • Kedua, Setelah sinyal terdeteksi, maka bisa langsung sign menggunakan passwords yang dirahasiakan dan otentikasi pengguna. Setelah bisa masuk, maka sinyal internet akan terkoneksi sendiri & kita pun bisa langsung menggunakannya.

Kelebihan Menggunakan Wireless

Berikut ini adalah kelebihan yang kita dapatkan saat kita menggunakan wireless atau wifi.

  • Pembagunan jaringan yang sangat cepat – seperti yang dijelaskan diatas, bahwa untuk bisa terkoneksi kita hanya membutuhkan passwords saja sudah bisa terkoneksi dengan internet (ada yang tanpa menggunakan passwords)
  • Mudah untuk direlokasi – sangat mudah bagi kita untuk langsung terhubung dengan internet.
  • Pemeliharaan yang mudah – melalui wireless semuanya sangat mudah tanpa banyak biaya.
  • Infrastruktur yang mudah – tidak seperti jaringan lainnya, menggunakan wireless jauh lebih mudah.
  • Mudah dikembangkan dengan jangkauan yang bisa disesuaikan.
  • Sumber file bisa pindahkan lebih mudah tanpa menggunakan media kabel.
  • Mudah disetup & handal sehingga sangat tepat sekali untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.

Itulah pengertian wireless, cara kerja & juga kelebihan yang kita dapatkan dari jaringan wifi atau wireless. Dengan artikel ini akan lebih tahu bahwa memang wireless adalah salah satu jaringan komputer yang memang membuat kita semakin mudah. Semoga artikel ini bermnafaat sekaligus sebagai pembelajaran kita tentang dunia komputer.

4 comments

Baru tau cara kerjanya wirelles, haha
thanks gan :))

baru tau bnag,..boleh nya gbang? apakah alamat dan Id ip komputer berubah.2 kl d.restar??
by dedi mekanikmitsubishi

Banyak juga manfaat yang diberikan oleh penggunaan wifi ya gan. Perlu memasang wifi dirumah kalau begitu

waah mantap gan saya dapet ilmu baru nih tentang wireless, baru tahu juga kalo kecepatan itu bukan tergantugn tenang wirelessnya tapi jaringan providernya ya

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon