Tuesday 16 February 2016

Cara Memperbaiki Aplikasi Net.Framework Yang Bermasalah

Panduanmu.net - Disaat anda menjalankan program dan muncul masalah bertulisan seperti ".NET Framework not responding", ".NET Framework has stopped working", atau bisa jadi ".NET Framework installation utility has Stopped Working" itu tandanya bahwa program Microsoft .NET Framework di komputer anda sedang mengalami masalah.

Cara Memperbaiki Aplikasi Net.Framework Yang Bermasalah

Program Microsoft .NET Framework adalah salah satu program penting dalam sistem windows yang merupakan suatu kerangka pemprograman (programming framework) yang diciptakan oleh microsoft guna memudahkah suatu pengembang software atau program untuk membuat aplikasi menjadi lebih mudah dan berjalan sebagaimana mestinya.

Terkadang, software Microsoft .NET Framework sendiri mengalami berbagai masalah, diantaranyastop working maupun not responding. Hal ini sering terjadi dikarenakan adanya Bug pada salah satu program windows update, sehingga menyebabkan terjadinya masalah seperti yang penulis katakan sebelumnya.

Bila anda memiliki masalah serupa, tidak ada salahnya jika anda mengikuti petunjuk ini dengan seksama dan teliti agar tidak ada poin yang terlewatkan.

1. Identifikasi Versi Microsoft .NET Framework

Hal pertama yang harus anda lakukan yakni memastikan versi dari Microsoft .NET Framework yang telah terinstal pada komputer anda. Hal harus dipastikan agar diperoleh suatu cara memperbaiki dengan cara yang benar.

Versi dari Microsoft .NET Framework bisa anda lihat pada Add and remove program pada salah satu fitur Control Panel. Versi yang tersedia yakni versi 1.1, 2.0, 3.5, 4.0, 4,5 serta 4,6 (berdasarkan data microsoft hingga juli 2015).

Cara Memperbaiki Aplikasi Net.Framework Yang Bermasalah

2. Memperbaiki Microsoft .NET Framework Versi 4.0, 4.5 dan Selanjutnya

Berkaitan dengan bug windows update yang sudah meluas pada pengguna windows 7, 8 serta windows 8.1, maka perusahaan microsoft sendiri telah menyediakan tools software untuk memperbaiki Microsoft .NET Framework untuk versi 4.0, 4.5 serta versi selanjutnya. Software ini berfungsi memperbaiki kerusakan maupun masalah lainnya yang berhubungan dengan .NET Framework.

Cara Memperbaiki Aplikasi Net.Framework Yang Bermasalah


Software ini bisa anda download pada website resmi microsoft (Link Download). Setelah anda selesai mengunduh program perbaikan tersebut, selanjutnya anda jalankan seperti menjalankan program pada umumnya dan jangan lupa mencentang kotak License Agreement. Secara Otomatis, program tersebut akan memperbaiki Microsoft .NET Framework. Setelah semua prosedur selesai dilakukan, lakukan Restart pada komputer anda.

Bila hal ini belum berhasil maka, anda harus mencoba cara Uninstall dan Reinstall, yakni menghapus versi yang telah ada dan menginstall kembali dengan versi yang sama maupun yang lebih baik. Setelah anda selesai melakukan uninstall, anda harus menginstall kembali. Link download bisa anda lihat pada list dibawah ini.

1. Website Resmi

2. Versi 3.5

3. Versi 4.0

4. Versi 4.5

5. Versi 4.6

3. Memperbaiki Microsoft .NET Framework Versi 3.5 dan Versi Sebelumnya

Microsoft tidak memiliki software perbaikan untuk Microsoft .NET Framework versi 3.5 maupun versi sebelumnya. Sehingga, cara yang harus anda tempuh adalah mengan melakukan cara Uninstall dan Reinstall.

Cara standar yang dapat anda gunakan untuk mengahpus program tersebut yakni melewati fitur Add and Remove pada Control Panel dan Menginstall kembali sesuai versi yang dihapus maupun versi yang lebih baik dengan menggunakan link yang sudah penulis tuliskan pada poin sebelumnya.

Atau anda bisa menggunakan program khusus untuk menghapus Microsoft .NET Framework yang bisa anda download pada situs microsoft.

1. Uninstaller Versi 1.0 dan 1.1

2. Uninstaller Versi 2.0 dan 3.5

Cara Memperbaiki Aplikasi Net.Framework Yang Bermasalah

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Cara Mempercepat Loading Di Mozilla Firefox

9 comments

wah ni yg w cari.. kbetulan netFr w sering not respon

wah bagus gan, framework di laptop saya kadag kadang suka not responding sendiri. minta di repair

makasih bgt gan tutor nya bermanfaat sekali, jadi ngerti cara perbaiki net farmwork. (y)

Tutorialnya lengkap gan, pencerahan buat ane, izin save ya gan.

This comment has been removed by a blog administrator.

sering bgt error nih ane, ijin coba

tutorialnya bagus gan ane izin pelajarin sekaligus donlod yaah

nice info, salam kenal sebelumnya.

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon