Tuesday 16 February 2016

Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

Panduanmu.net -  enak ya dengarin lagu kesukaan kita, pakai headphone pula bikin suara semakin nyata nan menggelegar atau bisa juga lagi main game perang seperti Battlefield atau Call Of Duty yang suara ledakan dan tembakannya hampir menyerupai suara nyata. Eits, tapi kok tiba - tiba suara jadi mati gini. Headphone sudah dicabut dan dipasang lagi tapi tetap saja tidak mau keluar suara padahal pengaturan suara (sound setting) di sistem masih masih menyala alias tidak dimute. Tetapi, ketika dicabut speaker komputer dapat menyala dengan lancar tanpa gangguan apapun. Kenapa ya ini?

Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

Beberapa hari yang lalu penulis sendiri juga mengalaminya ketika lagi mendengarkan musik, tiba - tiba suara headphone milik penulis menghilang begitu saja padahal headphone masih dapat dipakai di gadget lainnya. Seketika itu penulis Melakukan diagnosis di sistem dan ditemukannya adanya konflik didalamnya.
Headphone tidak berfungsi tidak hanya disebabkan oleh konflik pada sistem saja, tetapi juga dilihat dari beberapa segi juga, antara lain sistem dan hardware. Dari segi sistem, penyebab headphone tidak berfungsi antara lain konflik sistem, serangan virus, hardware disabled, suara di mute sampai volume di set 0.

Dari segi hardware selalu berhubungan dengan tiap - tiap komponen pada headphone dan komputer. Penyebab headphone tidak berfungsi jika dilihat dari segi hardware antara lain kabel putus, speaker headphone rusak, audio card komputer / jack pada headphone bermasalah, ataupun pengaturan volume scroll di headphone di set 0.

Untuk segi hardware ini penulis sendiri tidak bisa menolong karena headphone tersebut sedang bermasalah dari komponennya, kecuali kesalahan pada volume scroll yang dilakukan secara sengaja tetapi tidak sadar oleh penggunannya yakni dengan memperbesar pengaturan volume pada headphone.

Ingin tau bagaimana Cara Mengatasi Headphone Tidak Berfungsi alias "no sound" pada sistem operasi windows 7, 8, 8.1 serta windows 10 ? Ikuti langkah - langkah dibawah ini :


1. Serangan Virus

Virus / malware memang menimbulkan dampak signifikan pada hardware, baik internal maupun eksternal. Biasanya virus mengacaukan program sistem, sehingga berbagai hardware tidak dapat berjalan dengan maksimal. Contohnya yang terjadi pada kasus headphone yakni penyebab konflik pada sistem.

Sebagai solusinya ialah mengunduh antivirus untuk menghilangkan virus tersebut serta mencegah datangnya malware lain dikemudian hari. Penulis menyarankan antivirus yang perlu anda gunakan yakni  AVAST, Esset, Kapersky, Bit defender atau memakai Microsoft Security Essential sebagai antivirus utama. Dan yang kedua yaitu antivirus Smadav, meskipun tidak pantas disebut antivirus utama, namun efektif sebagai antivirus pendamping serta program untuk memperbaiki registry.

2. Suara di Mute / Set 0

Manusia memang tidak lepas dengan namanya kelupaan. Bahkan kadang sampai lupa juga kalau suara lagi dikecilkan ataupun di mute. Sampai lupanya biasanya bisa saja sampai menimbulkan masalah frustasi karena disangka headphone mahal miliknya tersebut rusak begitu saja. Masalah sepele, tapi dampaknya sampai segitunya, ada - ada saja ya.

Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

Untuk masalah ini, anda tinggal memperbesar volume ataupun menghilangkan mute pada sistem yang bisa anda dapatkan pada menu sound di notification area dan jangan lupa untuk memperbesar pengaturan volume pada headphone.

Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

3. Konflik Sistem

Inilah kasus yang paling banyak terjadi pada pengguna headphone, yakni masalah konflik pada sistem yang berawal pada 2 program yang saling membunyikan suara, contohnya seperti disaat anda sedang menyalakan musik di windows media player, pada saat bersamaan anda juga menyalakan musik di lain program. Tentunya hal ini akan menimbulkan kebingungan pada sistem. langkah - langkah dalam mengatasi konflik pada sistem yakni :
  1. Buka Device Manager
  2. Pada kategori Sound, Video and Game Controller, pilih High Definition Audio Device
  3. Klik kanan dan pilih Uninstall
  4. Klik pada Scan for Hardware Change, dalam beberapa saat sistem akan melakukan install ulang pada driver headphone yang mengalami konflik
  5. Selesai


Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows


Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

4. Hardware Disabled

Selain pada konflik sistem, headphone tidak berfungsi juga disebabkan oleh driver hardware disabled. Kasus ini juga sering dialami selain pada kasus sebelumnya. Namun, kejadian ini sering kali disebabkan oleh sistem sendiri sehingga bisa dibilang tindakan oleh unsur tidak kesenganjaan. Cara untuk mengembalikan driver yang terkena disabled yakni :
  1. Buka Device Manager
  2. Pada kategori Audio Input and Output, pilih Headphone
  3. Klik kanan dan pilih Enable
  4. Selesai


Cara Memperbaiki Headphone Yang Tidak Berfungsi Pada Sistem Operasi Windows

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang 9 Cara Merawat Laptop Dengan Baik dan Benar Agar Tahan Lama

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon