Sunday 24 January 2016

Jenis Jaringan Komputer Mempengaruhi Fungsinya

Panduanmu.net - Menggunakan fasilitas jaringan komputer memang akan sangat menguntungkan bagi berbagai keperluan baik pekerjaan atau yang lainnya. Namun dalam menggunakannya anda juga harus memahami beberapa jenis jaringan yang biasa digunakan sehingga dapat memilih mana yang tepat untuk anda aplikasikan sesuai pekerjaan yang dibutuhkan.

Jenis Jaringan Komputer Mempengaruhi Fungsinya

Memahami Jenis Jaringan Komputer dengan Baik


Jenis pada jaringan komputer dibagi berdasarkan beberapa kategori atau kriterianya. Berdasarkan jangkauannya jaringan ini dibagi menjadi tiga yaitu Local Area Network (LAN) yang menghubungkan komputer dalam satu wilayah kecil, Metropolitan Area Network(MAN) menghubungkan jaringan dalam satu kota dan ada Wide Area Network (WAN) yang akan menghubungkan wilayah yang sangat luas seperti daerah, kota atau bahkan negara.

Sementara berdasarkan fungsinya maka satu komputer bisa dijadikan server ataupun klien sehingga disebut dengan peer to peer. Bisa juga digunakan dalam bentuk server klien dimana satu komputer difungsikan menjadi server yang melayani komputer lain sebagai klien. Sehingga setiap komputer memiliki fungsinya masing-masing. Dengan begitu anda tidak akan bingung karena perjalanan datanta jelas.

Dalam mengirimkan data ada dua jenis transmisi yang digunakan yaitu menggunakan kabel atau wired network, biasanya efektif digunakan jika komputernya jarak dekat. Namun masih cukup sulit dan dianggap kurang efektif jika menggunakan kabel. Sehingga akhirnya digunakan jaringan komputer tanpa kabel atau disebut dengan jaringan nirkabel. Dalam jaringan tanpa kabel yang digunakan adalah gelombang seperti menggunakan satelit, sinar infra merah atau mikro. Dengan begitu anda bisa melakukan pengiriman data dimana saja dengan mudah dan efektif.

Memahami dengan baik mengenai jenis jaringan tersebut akan membantu memilih mana yang lebih efektif dalam membantu pekerjaan anda. Tentu dengan begitu akan lebih mudah jika sudah mengetahui beberapa jenis jaringan yang ada. Sehingga pertimbangkan dengan baik jenis jaringan komputer seperti apa yang dibutuhkan menyesuaikam dengan kebutuhan dan kondisi ruangan atau media pekerjaan yang digunakan. Dengan begitu anda tidak perlu lagi bingung dalam melakukam pengiriman data satu sama lain dengan perangkat komputer lainnya secara lebih efektif efisien.

Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Tentang Jenis Jaringan Komputer Mempengaruhi Fungsinya ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Jaringan Komputer Dan Perkembangannya Tiap Tahun
bye

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon