Monday 25 January 2016

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.

Panduanmu.netBanyak pengguna komputer sering mengalami hal-hal yang mengganjal pada sistem komputer milik mereka seperti komputer yang sering hang. Ini adalah salah satu masalah yang kemungkinan di akibatkan oleh beberapa software yang terlalu kalian paksakan pada komputer kalian. Jangan heran bahwa komputer yang sering hang itu adalah komputer yang kebanyakan memiliki spesifikasi hardware yang rendah. Mungkin anda sudah sering mengalami hal ini , komputer hang itu bisa menjadi bermacam-macam yaitu : Program komputer yang sering menutup sendiri, gerakan mouse yang menjadi lambat, keyboardnya yang jarang berfungsi dengan baik, software yang terbuka tiba-tiba menjadi not responding Dan masih banyak lagi keanehan yang sering muncul apabila komputer sering hang.

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.

Tapi , anda harus ingat, seperti yang sudah kita bahas pada postingan sebelumnya tentang 5 Penyebab Sistem Komputer Sering Restart Sendiri , disitu saya pernah mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita bisa kerjakan, jangan pernah membawanya ke teknisi komputer. Bisa-bisa hanya hal yang mudah untuk di perbaiki bisa di minta biaya yang sangat mahal. Banyak orang sering menanyakan hal ini, bagaimana sih Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang. 

Pada sebuah Sistem Komputer ada banyak yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan ini, mari kita simak penyebab dari komputer sering hanya dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

1. Kapasitas Memori RAM Yang Rendah

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.


RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah perangkat penyimpanan yang hanya bersifat sementara. Pasti kalian sudah tahu dengan komponen yang satu ini. Tapi, biasanya komputer sering mengalami hang diakibatkan oleh memory yang kapasitasnya terlalu kecil. Apalagi jika anda paksakan untuk menjalankan software ataupun game yang tidak memadai untuk komputer anda. agar anda ingin membuka sebuah software yang berat ataupun ingin memainkan sebuah game, saya sarankan upgrade lah komponen yang satu ini hingga batas maksimal yang di tentukan. Itu bisa membuat anada lebih tenang.

2. Hardisk Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.

Hardisk merupakan sebuah komponen hardware penyimpan yang memilki ukuran yang besar dari pada hardware penyimpanan yang lainnya. Hardisk memanglah semua orang sudah mengetahuinya. Tapi biarpun dia besar ukurannya, tetap saja akan mengalami sebuah kendala yang bermacam-macam. Salah satu kendalanya yah, bisa mengakibatkan komputer anda akan mengalami hang. Permasalahan hardisk yang mengakibatkan komputer sering hang yaitu hardisk mengalami bad sector , Kapasitas hardisk yang semakin menipis ataupun hardisk yang telah terpragmentasi. Untuk mengatasinya anda harus selalu mendefrag data-data yang ada di dalam hardisk tersebut agar file-file yang tidak berguna akan hilang dan bisa menambah space didalam hardisk anda.


3. Sistem Operasi yang Terinfeksi Virus

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.

Ini adalah salah satu kendala yang sudah pasti akan di alami oleh semua orang yang menggunakan komputer. Kenapa ? semua sistem komputer pasti ada virus yang menempel di dalamnya. Tak jarang komputer akan selamat dari serangan virus. Apalagi virus yang berbahaya seperti Virus Jerusalem, Morris , Melissa , Love Letter, Code Red, SQL Clammer dan masih banyak lagi virus yang berbahaya untuk komputer anda. kalau anda sudah mengalami hal ini saya sarankan untuk segera menginstall kembali sistem komputer anda. 

4. Permasalahan Pada Software

Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang.

Kalau untuk software yang bermasalah tidak terlalu membuat komputer sering hang yah, tapi anda harus berhati-hati kalau untuk menginstall atau meng-Uninstall program yang ada di dalam komputer anda. salah satu kendala komputer sering hang adalah terjadi kesalahan pada proses instalasi atau uninstalasi sebuah software. Jadi anda jangan keliru. jika anda setelah menguninstall sebuah program aplikasi lebih baik anda bersihkan lagi file registry nya agar tidak terjadi crash pada komputer anda. 

Itulah beberapa tips yang saya bisa share untuk anda, dan anda harus paham betul semua yang pernah terjadi di komputer anda. jika sewaktu-waktu komputer anda mengalami kerusakan yang sama, anda bisa mengatasinya sendiri. Semua tips di atas bukan hanya komputer saja, laptopun akan mengalami hal yang sama jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Cara Mengatasi Sistem Komputer Yang Hang ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Tips Memilih Laptop Yang Berkualitas
bye

3 comments

Jangan kebanyakan colok colok flashdisk aja gan :D Biar gak kena virus

pc ku juga lagi kena virus jahat ni mas, ngga tau kenapa sering buka tab sendiri, default search engine nya juga semaunya sendiri, padahal udah tak setting google, tapi malah pake yg lain, kemarin wajam,terus ganti mysite, besoknya yahoo, td sore mlah ada yg baru lagi,,tau apa namanya.. heemm memang merepotkan..

yah, wajar sih mas, namanya juga nggak ada yang sempurna :D. kalau mas mau yang lebih cepat mengatasinya, yah harus di install ulang windows nya, itu sdah cara yang terakhir mas :D

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon