Monday 25 January 2016

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Perlu di Ketahui

Panduanmu.net - Kita mungkin sudah tahu atau mungkin belum tahu tentang http dan https, nah untuk yang belum tahu tentang http & https mungkin postingan ini akan bermanfaat untuk Anda & sekaligus akan memberikan informasi berharga. Dalam dunia seo https disebut-sebut sebagai salah satu dari cara yang lebih baik untuk meningkatkan ranking, namun rupanya dibalik itu semua ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, selain akan meningkatkan seo ada beberapa kelebihan yang akan di dapatkan, berikut ini perbedaan dari HTTP & HTTPS.

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah protokol yang dipakai oleh www yang dimana http itu sendiri memberikan definisi terhadap bagaimana pesan dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien.

HTTPS atau yang Hypertext Transfer Protocol Secure sendiri merupakan suatu protokol yang dipakai oleh www, dimana https memberikan definisi terhadap pesan dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien dengan sangat aman.

Itu penjelasan yang sangat ringkas, jadi kalau kita liat perbedaannya dai kedua istilah diatas, kita sudah tahu bahwa HTTP dibanding dengan HTTPS akan lebih aman kita akses menggunakan HTTPS. Namun begitu biasanya website yang menggunakan HTTPS akan sedikit lambat, dikarenakan ada perukaran protocol yang sangat rumit, sehingga mau tidak mau harus melalui beberapa jalan tersebut, namun untuk pemilik website & pengguna akan selalu aman tanpada harus ada rasa khawatir ketika mengakses website yang sudah memiliki secure atau HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Perlu di Ketahui

Apa Perbedaan dari HTTP & HTTPS?

Jika kita bertanya seperti itu sebenarnya kita sudah tahu & bahkan kita sudah membaca diatas, jika pada http tidak memiliki tingkat keamanan sebelum di kirim ke klien. Namun untuk HTTPS sendiri sudah di amankan sebelum di kirim ke klien.

Perbedaan antara http & https juga terdapat pada penggunaan port default pada kedua kode tersebut. Jika pada http menggunakan port default dengan angka 80, sedangkan untuk https menggunakan port default dengan angka 443. Dengan penggunaan kode yang berbeda tentu tingkat keamanan kedua kode protokol tersebut sangat berbeda juga.

Memang dalam istilah IT banyak sekali yang harus kita ketahui terutama jika kita ingin tahu tentang jaringan komputer yang semakin lama semakin canggih, bahkan bisa dikatakan untuk saat ini komputer bukan lagi pada kalangan menengah keatas saja, tapi pada kalangan bawah sudah sangat familier & sudah banyak yang tahu bahwa komputer / laptop adalah salah satu sarana infomasi yang lebih cepat & sekaligus sebagai salah satu hiburan yang sangat menarik tanpa ada batasan ruang & waktu, kapan pun manusia inginkan informasi pada saat itu juga internet bisa langsung menyajikan dengan cepat & tepat.

Itulah beberapa manfaat internet untuk kehidupan manusia & setelah kita membaca tentang beberapa istilah perbedaan antara HTTP & HTTPS kita sudah tahu bahwa untuk tingkat keamanan dari sebuah situs bisa kita ketahui dengan Hypertxt Transfer Protocol atau disingkat dengan HTTP. Dengan mengatahui beberapa istilah diatas sudah pasti bahwa dengan transfer protocol memiliki makna yang aman & tidak aman. Namun istilah ini muncul dan ramai diperbincangkan sejak tahun 2013 lalu. Yang dimana salah satu mesin pencari terbesar di dunia yaitu google, mengatakan bahwa HTTPS kini memiliki ranking sinyal yang baik untuk seo (search engine optimisme). Dengan sepekulasi tersebut kini banyak dari website yang menggunakan HTTPS.

Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Perlu di Ketahui ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Pengertian & Manfaat Jaringan Komputer
bye

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon