Friday 17 June 2016

5 Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

5 Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi – Siapa yang tidak mengenal dengan perangkat keras komputer yang satu ini. dengan bentuk yang begitu kecil, perangkat ini adalah salah satu perangkat yang paling di fungsikan untuk pengguna komputer.

Perangkat keras ini adalah Mouse, orang-orang biasa menyebutnya sitikus komputer :D. mouse sangat berperang sekali dalam perangkat PC yaitu mengatur pergerakan kursor secara cepata ataupun lambat. Untuk fungsi komputer secara luas akan saya jelaskan nanti, tapi untuk postingan ini saya akan memberikan sebuah sharing ilmu kepada sobat tentang penyebab mouse wireless tidak berfungsi.

Kenapa kita akan membahas langsung pada fitur wirelessnya. Karena, pada zaman yang sudah modern ini mouse sudah dirancang dengan fisilitas wireless. Baik yang sudah menggunakan koneksi bluetooth ataupun yang sudah menggunakan koneksi infrared.

Tapi, secanggih apapun mouse tersebut diciptakan, tetap saja akan mengalami beberapa kerusakan. Dengan kerusakan yang akan terjadi pada mouse tersebut, bisa-bisa akan mengakibatkan mouse sobat tidak akan berfungsi seperti biasanya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

5 Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Ada beberapa hal yang menyebabkan mouse wireless sobat bermasalah, seperti :

1. Terjadi Masalah Pada Koneksi Mouse

Biasanya penyebab yang satu dapa kita ketahui ketika kursor tidak merespon gerakan mouse yang kita lakukan. Apabila hal ini terjadi , coba sobat periksa connector mousenya terpasang dengan benar atau tidak.
Apabila tetap tidak berfungsi, mungkin port USB yang bermasalah dan coba sobat pindahkan connectr mousenya ke port yang lainnya.

2. Baterai Mouse Mulai Kekurangan Daya

Apabila kita mengalami mouse tidak berfungsi, coba sobat periksa daya baterainya menggunakan alat yang bernama avometer. Lihat apakah baterainya kekurangan daya atau tidak. Karena, baterai yang kehilangan daya akan mengakibatkan mouse wireless tidak akan berfungsi.

Saran saya yang lebih bagusnya, sobat ganti saja dengan baterai yang lebih bagus dan tahan lama. Untuk jenis baterai yang berkualitas adalah jenis alkaline. Itu merupakan jenis baterai yang sering saya gunakan selalu pada mouse wireless.

3. Terjadi Masalah Pada Driver USB Yang Tidak Terinstall Dengan Baik

Ini lagi salah satu hal yang menjadi penyebab ketika mouse wireless sobat tidak berfungsi. Dimana, terjadi sebuah kesalahan pada driver USB tersebut. Yang harus sobat lakukan adalah periksa Driver dari mouse wireless tersebut kalau sudah terinstall dengan baik atau tidak.

Bukan cuman itu saja, biasanya hal seperti ini sama dengan masalah Crash ataupun corrupt. Untuk mengecek kendala ini sobat bisa mengikuti langkah-langkah dibawah :
  • Klk kanan pada My Computer > Properties
  • Pada kolom sebelah kiri sobat pilih Device Manager
  • Pada tampilan device manager, sobat lihat apakah ada tanda seru berwarna kuning disemua perangkat keras tersebut
  • Apabila perangkat driver USB ada tanda seru berwarna kuning, itu berarti ada masalah pada Driver USB sobat
  • Untuk mengatasi masalah tersebut, sobat lakukan install ulang driver atau melakukan update driver pada Driver Usb tersebut.

4. Memilih Mouse Dengan Kualitas Yang Kurang Baik

Tentu hal ini semua orang tahu, yang namanya barang dengan kualitas yang bagus atau terbaik adalah barang yang tingkat ketahanan dan kerusakannya itu lebih tinggi dan lebih lama. Apabila mouse wireless sobat sudah tidak berfungsi dalam jangka waktu yang sangat pendek itu berarti mouse wireless tersebut kualitasnya kurang bagus, apalagi dibeli dengan harga yang murah.

Menurut saya pribadi, saya lebih suka membeli barang yang mahal tapi mempunyai tingkat kualitas yang bagus dibandingkan membeli barang yang murah tapi hanya bertahan beberapa hari saja.

5. Mouse Tidak Berfungsi Karena Terjatuh, Terbanting, Pecah Atau Terkena Air

Ini adalah hal yang paling sering terjadi, dan tidak ada orang tidak pernah mengalami hal yang seperti ini. apabila mouse wireless sobat misalnya terjatuh dan mengalami benturan yang sangat keras, biasanya tidak akan terlihat dibagian luarnya. Tapi, pada saat sobat menggunakannya, barulah kerusakannya akan sobat rasakan. Seperti kursor sudah tidak akan responsive lagi seperti biasanya, aliran konektivitas mouse ke connectornya terputus-putus. Dll

Untuk solusi dari penyebab ini adalah dengan mengganti mouse wireless sobat dengan mouse yang terbaru. J
Itulah beberapa penyebab yang membuat mouse wireless sobat tidak berfungsi. Maka dari itu rawatlah mouse sobat dengan baik agar nanti bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Apabila artikel ini bermanfaat untuk sobat, jangan lupa share yah agar banyak orang juga merasakan manfaatnya J. Terima kasih J

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon