Tuesday 1 March 2016

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar


Panduanmu.net – Tips untuk memilih monitor pc yang baik dan benar adalah tips yang memang harus anda tahu, karena, kalau anda hanya menggunakan monitor yang biasa-biasa saja itu tidak akan efektif dalam segi penggunaan sehari-hari anda. apalagi jika anda pecinta game, yang pastinya untuk bermain sebuah game dengan resolusi HD anda harus bisa membeli sebuah monitor yang standar LCD minimal ukurannya itu 24 – 30 inch. Itu biasanya menggunakan resolusi 1920 x 1080 Pixel. 
 Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Tapi, untuk membeli sebuah monitor dengan resolusi yang lebih tinggi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, paling biayanya berkisar antara 2.5 juta – 5 Jutaan atau bahkan bisa lebih tergantung dari spesifikasinya. Ada beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada anda mengenai bagaimana cara memilih sebuah monitor pc yang baik dan benar selain dilihat dari spesifikasinya.

 Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Perhatikan Juga : Tips Membeli Komputer Untuk Game

1.Tentukan Tujuan Kegunaannya

Sebelum anda membeli sebuah monitor pc, anda harus tahu terlebih dahulu untuk apa monitor ini anda beli ?. Kegunaan monitor ini bukan hanya berdasar pada penampilan sebuah operating system saja, malainkan kita harus menyesuaikannya dengan kegunaan untuk kita sehari-hari. Apa sajakah golongan kegunaan tersebut :

==> Di Gunakan Untuk Keperluan Dasar

Pada point ini, jangan membeli sebuah monitor kalau hanya untuk keperluan mendasar saja seperti : Mengirim Email, Browsing, Streaming atau kegunaan lainnya seperti bersosial media. Dengan kegiatan seperti ini anda hanya cukup membeli monitor yang relatif murah saja, jangan yang kemahalan. Saya sarankan belilah yang hanya berukuran sekitar 23 – 24 Inch dengan Karakteristik Full High Definiton (Hd).

==> Di Gunakan Untuk Keperluan Multimedia/Professional

Kalau yang satu ini jelas , untuk melakukan sebuah pekerjaan seperti editing foto/video production kita bukan hanya di anjurkan untuk memiliki spesifikasi PC yang tinggi, melainkan monitornya juga harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Monitor untuk kegunaan multimedia seperti ini setidaknya mempunyai kualitas High Definiton atau yang lebih tinggi yaitu kualitas Quad HD. Kualitas yang satu ini bisa menghasilkan gambar yang begitu detail dan lebih tajam

Tambahan lagi untuk anda. apabila anda adalah seorang editor foto ataupun editor video saya sarankan gunakanlah atau carilah monitor yang memiliki response time(waktu tanggap) minimal 5ms atau bisa juga kurang dari itu. Hal yang seperti ini sangat membantu anda dalam mengedit gambar ataupun video karena monitor dengan fitur seperti ini bisa menurunkan gerakan video yang dapat mengakibatkan blur dan bergoyang. Terlebih lagi jika anda menggunakan dual display, pekerjaan anda akan terasa lebih mudah dan lebih ergonomis.

==> Di Gunakan Untuk Keperluan Gaming

Untuk yang sering bermain game, pasti membutuhkan sebuah monitor yang kualitasnya lebih tinggi dari Quad HD. Tapi jika anda hanya memiliki budget yang memadai, paling tidak gunakanlah kualitas Full HD dengan kecepatan response time nya berkisar antara 5ms atau yang lebih cepat. Kemudian, jangan lupa perhatikanlah refresh ratenya, pilihlah berkisar antara 60Hz atau bisa juga yang lebih tinggi dari itu. Jika anda ingin yang lebih fantastik lagi seperti seorang gamers professional, tambahkanlah 2 display agar anda bisa bermain game dengan lebih leluasa. 

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

2. Tentukan Resolusinya

Jika anda ingin membeli sebuah monitor , aspek yang harus di perhatikan juga adalah resolusinya. Tapi sebelum itu, yang harus anda tahu adalah monitor tersebut akan sangat mahal apabila resolusinya semakin besar. Maka dari itu pilihlah monitor yang menurut anda bagus tapi harganya di bawah dari ekonomi anda. Resolusi monitor sendiri terdiri dari beberapa kelasnya yah. Di antaranya anda bisa simak di bawah ini :

1. HD (1366x768) dam HD+ (1600x900)

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Monitor dengan resolusinya seperti ini bisa di katakan harganya itu relatif murah dan sangat memadai. Resolusinya seperti ini anda bisa dapatkan di monitor yang berukuran antara 15 Inch – 20 Inch.

2. Full HD (1920x1080)

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Kalau resolusi Full High Definiton ini bisa setara dengan kualitas sebuah TV yang mempunyai resolusi 1080 piksel. Tampilan yang dihasilkan memang sangat tajam dan jelas. Monitor jenis ini sangat cocok untuk yang sering streaming. Apalagi jika anda menggunakan sebuah kacamata 3D

3. Quad HD (2560x1440)

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Teknologi dari resolusi Quad HD ini adalah sebuah teknologi yang memiliki performa 4x lebih dahsyat dari yang resolusi 720p. anda bisa bayangkan bukan teknologinya. Di dunia internet , biasanya teknologi Quad HD ini biasa disebut sebagai QHD, Wide Quad HD, atau WQHD. Kalau di dunia nyata, Monitor dengan resolusi seperti ini sering di gunakan oleh seorang editor yang bermain di aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw , adobe premiere atau pada aplikasi multimedia lainnya.

4. 4K Ultra HD (3840x2160)

Tips Memilih Monitor PC Yang Baik Dan Benar

Monitor yang memiliki resolusi sebesar ini merupakan monitor yang terbaik hingga saat ini.Biasanya teknologi ini di sebut sebagai teknologi 4K atau UHD. Teknologi dari monitor yang satu ini 4x lebih tajam dibandingkan dengan monitor yang beresolusi Full HD. Tentunya gambar yang di hasilkan memang sangat-sangat luar biasa jelasnya dan ketajamannya. Tapi, kekuranganya hanyalah pada harga dari monitor ini. Monitor jenis ini di jual dengan harga yang sangat mahal dari monitor biasa. Walupun mahal, harganya sebanding dengan kualitasnya

Itulah beberapa tips memilih monitor pc yang baik dan benar yang dapat anda gunakan sekarang hingga nanti.

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon