Monday 29 February 2016

Cara Mengatasi Masalah Driver GPU Intel Di Windows 10


Panduanmu.net - Beberapa saat pelirisan besar - besaran windows 10, terjadi booming tentang seputar masalah driver hardware yang tidak support windows 10. Masalah inipun langsung membanjiri berbagai macam forum internasional yang memuat seputar windows 10 dan hardware komputer. Salah satu driver tersebut adalah driver GPU.
 Cara Mengatasi Masalah Driver GPU Intel Di Windows 10


GPU merupakan kependekan dari Graphical Processing Unit yakni sebuah hardware yang berfungsi sebagai pengelolah tayangan visual maupun gambar yang akan dimunculkan pada layar monitor komputer maupun laptop. Tanpa sebuah GPU sebuah gambar tidak mungkin muncul di layar komputer.

Gambar Utama

GPU dan VGA merupakan bagian yang berbeda tetapi tetap merupakan satu kesatuan hardware sehingga tidak dapat dipisahkan. GPU (Graphical Processing Unit) merupakan inti (core) maupun otak dari sebuah VGA. Tanpa sebuah GPU, VGA tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Masalah driver bermasalah ini terutama bermunculan pada GPU card jenis lama atau keluaran sebelum tahun 2012. Selain itu, hal seperti ini juga dialami oleh pengguna GPU intel terutama "Mobile Intel  4 Series" serta "Intel HD generasi pertama".



Selain pada pengguna GPU intel, hal tersebut juga dialami oleh GPU Radeon, AMD, Gigabyte, Nvidiadan sebagainya. Untuk GPU versi baru, bisa anda download driver terbarunya pada situs membuat hardware terkait. 


Cara Mengatasi Masalah Driver GPU Intel Di Windows 10

Namun kali ini penulis hanya akan membantu dalam mengatasi masalah driver GPU intel pada windows 10, untuk lainnya akan segera saya liris pada artikel mendatang. Selain masalah pada drivernya, tutorial ini juga dapat memperbaiki driver openGL pada GPU sehingga anda bisa memainkan berbagai game lagi dengan lancar, seperti game minecraft.


Tetapi ingat, tutorial yang penulis bagikan kali ini hanya bekerja pada "Mobile Intel  4 Series" dan "Intel HD 1st Generation", seperti :

  • Intel GMA4500 HD
  • Mobile Intel Chipset 4 Series Express Chipset Family
  • Intel HD Graphic 2000 – 3000

Di bawah ini ialah langkah - langkah dalam mengatasi masalah tersebut, yakni :

1. Download driver intel, di situs forum di bawah ini


2. Lakukan ekstrak file dengan cara double click pada file hasil download tersebut

3. Tutup program intel installer

4. Lakukan booting advance statup option, langkah ini bisa anda dapat dengan cara 

Setting > Secutity > Recovery > Advanced startup > Restart Now

5. Komputer akan melakukan restart dan memasuki tahap Advance Startup Option, dan lakukan Disabled driver verification dengan tujuan untuk menghilangkan identifikasi driver ketika proses penginstallan driver nantinya, dengan cara:

Troubleshoot > Startup Setting > Advanced Options > pilih Disabled Driver Signature Enforcement dengan menekan F7

6. Setelah masuk kembali ke windows, Buka Device Manger

7. Pada kategori "Display Adapter", disana anda melihat driver yang telah terpasang pada hardware anda, Lakukan klik kanan dan pilih properties

8. Pada tab "Driver" pilih update driver dan pilih "Browse my computer for driver software"

Untuk selanjutnya, dari pada membingungkan pikiran anda lebih jauh lagi, lebih baik saya berikan video tutorial nya untuk Melihat Videonya

Bagi anda yang masih kebingungan langkah - langkah diatas, anda bisa melihat video lengkap tutorialnya dibawah ini, tetapi sayangnya tahap advance startup tidak ikut terekam karena langkah tersebut terletak di system BIOS.

Setelah langkah diatas selesai anda lakukan, selanjtunya yang harus anda lakukan yakni merestart komputer anda. Sekarang lakukan verifikasi openGL yang telah terinstall beserta driver VGA dengan menggunakan program "Realtech OpenGL Viewer" (link download). Jika sudah berada di versi 2.1 maupun lebih tinggi berarti sudah sukses dan selamat bermain game sepuasnya.

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Pada Sistem Operasi Windows Tombol-Tombol Shortcut Ini Yang Paling Berguna

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon