Wednesday 10 February 2016

Perbedaan FAT dan NTFS Pada Sistem Operasi Windows

Panduanmu.net - Banyak istilah yang harus kita ketahui dalam jaringan komputer salah satunya adalah tentang file FAT & NTFC. Mungkin jika kita membuka file pada hardisk tentu kita menemukan tentang hal-hal seperti ini, selain bisa kita temukan pada hardisk, FAT & NTFC bisa kita temui pada perangkat lain, seperti memory pada ponsel atau mungkin flashdisk yang sering kita gunakan & mungkin saja ada pertanyaan tentang pengertian / perbedaan FAT & NTFC pada sistem komputer. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengertian file yang dimaksud untuk mempermudah kita mengetahui semua sistem pada komputer.

Perbedaan FAT dan NTFS Pada Sistem Operasi Windows

Pengertian File FAT pada Komputer

Sistem berkas FAT merupakan salah satu sistem berkas menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai salah satu cara untuk beroperasi secara mandiri. Pada umumnya orang menyebut sistem file FAT sebagai FAT saja. Sedangkan FAT sendiri memiliki singkatan File Allocation Table, jika kita pahami dalam Bahasa Indonesia adalah Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang sudah banyak digunakan dalam sistem komputer dan kartu memori yang digunakan dalam pada ponsel, kamera digital atau pemutar media portabel.

Menurut sejarah FAT pertama kali diperkenalkan oleh Bill Gates & Marc McDonald pada tahun 1976 - 1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), Open DOS, Free DOS, MS DOS, IBM OS/2 & Microsoft Windows. Sedangkan pada disket floppy, FAT telah disederhanakan menjadi ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Namun standar tersebut hanya mencakup untuk FAT12 dan FAT16 tanpa adanya dukungan nama berkas yang panjang, sebab beberapa bagian dalam standar nama file panjang pada sistem berkas FAT telah paten.

Ada beberapa versi dalam sistem berkas FAT, yang bisa kita bedakan menurut unit alokasi yang didukung, yaitu:
  • • FAT12
  • • FAT16
  • • FAT32
  • • exFAT

Pengertian NTFC pada Komputer

Menurut sumber sejarah komputer bahwa NTFS diperkenalkan pertama kali pada Windows NT yang merupakan file system yang benar-benar sangat berbeda di banding dengan berkas FAT. Pada berkas NTFS menawarkan security yang lebih baik seperti kompresi file, cluster & bahkan sudah support dengan enkripsi data.

NTFS merupakan salah satu file system standar yang sudah digunakan pada Windows Xp dan versi windows terbaru berikutnya, dan apabila kita akan melakukan upgrade Windows sering kita akan ditanya apakah ingin mengupgrade ke berkas NTFS atau tetap menggunakan berkas FAT.

Jadi perbedaan FAT & NTFC pada sistem jaringan komputer sudah sangat jelas sekali, bahwa untuk berkas FAT belum memiliki keamanan apabila digunakan pada windows, namun jika sudah menggunakan NTFC sudah memiliki scurity yang membuat aman semua berkas pada hardisk atau pun file penyimpanan lainnya. Kesimpulannya adalah jika kita ingin memiliki pengaman untuk berkas sebaiknya gunakan file berkas NTFC, namun jika semuanya ingin lebih mudah gunakan saja berkas FAT. Namun perlu kita ketahui bersama, bahwa dari beberapa pengalaman yang sudah banyak digunakan, berkas FAT adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menyimpan semua data & satu lagi berkas FAT sangat familier digunakan, tapi untuk urusan keamanan dalam jaringan komputer menggunakan NTFC adalah yang terbaik.

Baca artikel tentang komputer tercanggih di dunia

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon