Thursday 11 February 2016

Pengertian Ping Dalam Jaringan Komputer

Panduanmu.net - Kita mungkin sering kali mendengar tentang istilah PING dalam jaringan komputer, namun apakah sudah tahu untuk apa sebenarnya ping itu? & apakah sudah tahu pengertian ping dalam jaringan komputer, jika belum tahu tentang istilah ini, berikut ini adalah penjelasan yang harus kita tahu bahwa ping dalam jaringan komputer memang diperlukan. Banyak yang sudah menggunakan komputer atau laptop namun dari mereka belum kenal dengan benar apa yang dimaksud dengan ping atau bagaimana cara menggunakan ping dalam komputer. Berikut ini penjelasan yang cukup membantu kita untuk mengetahui pengertian, manfaat & jenis ping dalam jaringan komputer. Baca juga pengertian FAT & NTFC

Pengertian Ping Dalam Jaringan Komputer

Pengertian PING dalam Jaringan Komputer

Ping adalah Packet Internet Gopher yang terdiri dari sebuah program utilitas yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa induktivitas pada jaringan berbasis teknologi TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Dengan menggunakan PING utilitas ini, kita dapat dengan mudah untuk menguji komputer kita apakah sudah terhubung dengan komputer lain atau tidak, cara seperti ini sangat membantu kita untuk mengetahui koneksi dari komputer ke komputer lain. Tujuan dari hal ini dilakukan untuk mengirim sebuah paket alamat IP komputer yang hendak diuji coba konektivitas dan untuk menunggu respon dari komputer lain. Jadi bisa kita simpulkan manfaat ping pada jaringan komputer akan mempermudah kita untuk mengetahui koneksivitas, baik tersambung dengan komputer lain atau internet.

PING utilitis akan menunjukkan hasil yang baik jika dua buah komputer sudah saling terhubung dalam sebuah jaringan, tapi apabila menampilkan pesan Request time out atau sering disebut dengan RTO yang artinya konektivitas pada dua komputer tidak terjalin atau tidak terkoneksi.

Hasil ping ini berupa sebuah statistik atau keadaan koneksi yang kemudian ditampilkan pada bagian akhir. Kualitas koneksi dari kedua jaringan akan mudah dilihat dari besarnya waktu pergi pulang / roundtrip dan besarnya jumlah paket yang hilang atu packet loss. Pada ping akan menunjukkan Semakin kecil angka yang ditunjukkan, semakin bagus kualitas koneksi kedua komputer terhubung. Untuk mengaktifkan PING sangat mudah, yang bisa kita lakukan adalah pergi ke Start-->Accessories-->selanjutnya Command Prompt atau bisa kita ketik cmd pada kolom Run (Windows+R), selanjutnya bisa masukkan perintah PING sesuka kita.

Beberapa perintah PING pada jaringan komputer

Ping IP Address atau Hostname
Untuk menguji koneksi. Misal: ping 202.134.1.10

Ping –t
Melakukan perintah ping ke host tujuan secara terus menerus tanpa henti. Misal: ping –t ping 202.134.1.10

Ping –a
Melakukan perintah ping dan mencari nama host dari komputer tujuan. Misal: ping –a ping 202.134.1.10,maka akan muncul hostname.

Ping –n count
Melakukan perintah ping dengan menentukan jumlah request echo. Default tanpa –n memiliki nilai 4. Contoh: ping –n 5 ping 202.134.1.10, maka ping hanya dilakukan sampai dengan lima kali

Ping –l size
Melakukan perintah ping dengan mengirimkan paket data sebesar x bytes. Secara default paket yang bisa dikirimkan adalah sebesar 32 bytes. Maximum paket yang bisa kita kirim sebesar 65,527 bytes Misal: ping –2 ping 202.134.1.10, yang berarti paket data dikirim sebesar 200 bytes.

Perintah Ping -l size
Bagi yang suka dengan trik internet gratis, bisa menggunakan opsi ping ini. dengan menggunakan PING ini kita akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Jenis Jaringan Komputer Mempengaruhi Fungsinya

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon