Saturday 20 February 2016

Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi


Panduanmu.net - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali game dengan jenis genre dan kualitas yang diliris oleh beberapa perusahaan pembuatan software game. Tentunya yang banyak disukai oleh kalangan gamer yaitu game yang mempunyai kualitas game yang tinggi, baik dari segi grafik maupun jalan cerita.
 Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi

Berbicara tentang grafik, tentunya sangat menyebalkan jika ketika anda sedang menikmati game bagus tetapi terjadi lagging sehingga dapat menggangu jalannya permainan yang akhirnya dapat berujung pada keluarnya emosis pada diri anda.

Tentunya lagging ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor hardware seperti RAM, VGA, Processor, GPU ataupun koneksi internet jika anda bermain dalam mode multiplayer. Dalam meningkatkan peforma game tentunya anda tidak harus mengeluarkan biaya dalam meningkatkan kualitas hardware yang telah ada di dalam PC. Demikian adalah beberapa cara untuk mengatasi lagging yang dapat mengganggu anda ketika bermain game terutama bermain game dengan kualitasHigh End.

1. Mengatur Konfigurasi Grafik

Tentunya hal awal yang harus anda perhatikan sebelum bermain game adalah memperhatikansettingan atau konfigurasi yang terletak pada menu "Option" pada tiap - tiap game. Dalam hal grafik, yang memberatkan komputer mengolah data adalah penambahan efek pada tiap game, terutama pada game yang akhir - akhir ini bermunculan, seperti game "Call of Duty" maupun "Battle Field"

Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi

Penambahan efek tersebut dapat berupa ledakan ataupun efek smoke (asap)  maupun efek cahaya yang berlebihan. Tentunya anda langsung berpikir bahwa untuk mengatasi masalah ini anda hanya perlu mengubahnya menjadi Low semua. Tentunya ini akan mengorbankan tampilan grafik sehingga tidak tampak menjadi nyata.

Sebenarnya, anda hanya perlu mengurangi beberapa hal dalam konfigurasi tersebut dengan cara yang benar, yakni dengan mengurangi beberapa pilihan dalam konfigurasi grafik terutama dalam hal efek, seperti Dynamic Shadow, Reflection (Water Reflection maupun Lanscape Reflection), Water Fidelity, Motion Blur serta Bloom. Kadang kala dengan mengurangi ukuran tampilan game dapat membantu anda untuk mengurangi Lagging.

2. Menutup Background Application 

Eits.... sebelum bermain game tentunya jangan lupakan hal ini. Memang beberapa program dapat dibiarkan begitu saja, tetapi beberapa program yang berat memang harus anda matikan terlebih dahulu sebelum bermain game, karena hal ini dapat mengganggu kinerja RAM maupun Processor.

Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi

Untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu melihatnya dan menutupnya dalam program "Task Manager". Agar tidak mengganggu pada lain waktu, sebaiknya anda juga mematikan program tersebut dalam konfigurasi startup. Memang ada beberapa program yang dapat membantu anda dalam mengatasi hal tersebut, diantaranya adalah Razer Cortex Game Booster dan AVG PC Tuneup.

3. Update Driver Hardware

Tentunya hal ini memang diperlukan juga untuk membantu hardware bekerja secara maksimal karena adanya peningkatan kalkulasi data ketika anda bermain game. Beberapa perusahaan seperti Intel, Nvidia dan AMD memberikan update terbaru mengenai driver hardware mereka di situs resmi mereka, terutama pada perusahaan Nvidia dan AMD yang saat ini selalu melekat pada hati para Gamer.

Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi

Jika anda menggunakan grafik jenis lama ataupun grafik jenis Integrated Graphic Card, sebaiknya anda segera menggantinya dengan yang baru dan lebih baik karena banyak game yang sudah tidak mendukung hardware ini dan jika hal ini terjadi pada laptop, penulis sarankan untuk membeli laptop baru lagi dengan teknik tukar tambah ataupun menjual laptop terlebih dahulu.

4. Membeli Hardware Baru

Ketika 3 hal diatas tidak dapat menolong anda, maka yang harus anda lakukan yakni membeli hardware baru. Membeli hardware baru memang perlu dilakukan terutama pada PC rakitan yang dapat anda ganti sesuai dengan keinginan anda. Tujuan dalam mengganti hardware selain dari meningkatkan peforma, yakni juga mengikuti perkembangan PC dan softwarenya sehingga komputer anda selalu mendukung software dan game yang ada.

Cara Menghilangkan Lag Dan Meningkatkan FPS Untuk Bermain Game Kualitas Tinggi

Sebagai contohnya hardisk sebaiknya diganti setiap 4 tahun sekali karena dinamo di dalamnya sudah melemah, baterai laptop diganti setiap 3 tahun sekali karena kapasitasnya sudah berkurang, RAM diganti setiap 3 - 4 tahun sekali serta VGA diganti setiap 2 - 3 tahun sekali. Hal - hal yang penulis sebutkan hanyalah sebuah saran dan penulis tidak menganjurkan anda untuk mengganti hardware tersebut.

Jika anda ingin membeli laptop ataupun PC rakitan, penulis sarankan untuk menyediakan dana sebesar minimal sebesar 7 juta rupiah atau setara dengan 650 USD agar laptop atau PC rakitan tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama ( sekitar 4 - 7 tahun ) dalam mengoperasikan program ataupun software game yang bermunculan dalam kurung waktu tersebut.

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Cara Mengecek Kesehatan hardisk

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon