Thursday 18 February 2016

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Bermasalah

Panduanmu.net - Ada gula ada semut, demikian juga dengan ada laptop pasti juga terdapat keyboard yang melekat di salah satu bagiannya. Keyboard merupakan salah satu hardware penting dengan kegunaan sebagai alat untuk mengetikan sesuatu. Tanpa adanya keyboard, pekerjaan masih bisa terselesaikan walaupun hasilnya memerlukan waktu yang lebih lama dibanding menggunakan keyboard.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Bermasalah

Meskipun sekarang sudah trend dengan laptop tablet layar sentuh, kebutuhan menggunakan keyboard tidak bisa dilepaskan dari kehidupan penggunanya. Mengapa demikian? Dari berbagai sumber mengatakan bahwa menggunakan keyboard dalam beraktifitas menggunakan komputer lebih cepat dibandingan dengan menggunakan layar sentuh.

Dalam beberapa versi, keyboard yang terdapat pada laptop dapat anda ganti meskipun harganya lebih mahal dibandingkan keyboard komputer. Selain mahal, keyboard laptop juga sulit didapatkan, sehingga anda harus memesannya secara online dari luar negeri jika anda ingin mendapatkannya dengan mudah.

Namun jangan salah sangka dulu, masalah pada keyboard laptop tidak hanya tidak berfungsi saja, namun bisa saja kejadian seperti susah digerakan / ditekan atau bisa jadi seperti huruf pada keyboard yang berubah. Hal tersebut dikarenakan kesalahan tidak hanya terdapat pada hardware saja, tetapi juga terdapat pada sistem pada komputer itu sendiri.

Dibawah ini ialah beberapa versi solusi untuk mengatasi keyboard laptop bermasalah

1. Keyboard Macet / Susah Digerakan
Ketika anda menekan salah satu tombol pada keyboard, anda merasakan sesuatu yang ganjil seperti susah untuk ditekan sehingga anda harus mengeluarkan tenaga extra hanya untuk menekan salah satu tombol tersebut. Meskipun keyboard tersebut masih bisa digunakan, namun hal ini dapat mengganggu kinerja anda terutama dalam mengetik maupun bermain game.

Keyboard susah ditekan terjadi karena adanya kerusakan pegas / bantalan keyboard yang terdapat di dalamnya. Bantalan keyboard pada laptop biasanya bewarna putih dengan bentuk kerangka tertentu mengikuti bentuk dari tombol keyboard.

Solusi : Menggantikan bantalan keyboard dengan yang baru

Lihat Video Tutorialnya Di bawah Ini


2. Huruf Keyboard Berubah
Kadang kala anda merasakan ada sesuatu yang salah ketika anda menyadari bahwa angka / hurus yang keluar dilayar tidak sama dengan huruf / angka yang anda ketikan pada keyboard. Misalnya seperti huruf "s" kecil berubah menjadi "S" besar / kapital, huruf "J" berubah menjadi angka "1" dan angka "1" berubah menjadi tanda "!". Kejadian ini dapat terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja.

A. Solusi huruf kecil menjadi huruf besar

  • Periksa indikator tombol caplock, apakah menyala atau mati
  • Mencoba merestart program
  • Mencobanya di lain program (misal : jika masalah terdapat pada program microsoft word, tidak ada salahnya jika anda mencobanya di program notepad)
  • Mencoba merestart komputer

B. Solusi huruf berubah menjadi angka

  • Periksa indikator tombol Numlock, apakah menyala atau mati
  • Mencoba merestart program
  • Mencobanya di lain program (misal : jika masalah terdapat pada program microsoft word, tidak ada salahnya jika anda mencobanya di program notepad)
  • Mencoba merestart komputer

C. Solusi angka berubah menjadi tanda baca

  • Mencoba merestart program
  • Mencobanya di lain program (misal : jika masalah terdapat pada program microsoft word, tidak ada salahnya jika anda mencobanya di program notepad)
  • Mencoba merestart komputer
3. Keyboard Tidak Berfungsi
Masalah terakhir ini adalah masalah yang paling banyak dialami oleh kebanyakan pengguna laptop dan paling sering kejadian ini ditimbulkan karena kesalahan para penggunanya. Keadaan ruangan juga dapat mengakibatkan keyboard tidak dapat berfungsi, seperti debu maupun suhu panas.

Masalah keyboard tidak berfungsi dibedakan menjadi 2 jenis, yakni tidak berfungsi pada salah satu tombol dan tidak berfungsi pada keyboard secara total.

1. Tidak berfungsi pada salah satu tombol

Solusi 1 : Hilangkan debu dengan menggunakan blower / penyedot debu.
Solusi 2 : Apakah tombol masih dapat ditekan dengan wajar? Jika keadaannya tidak seperti biasa seperti macet ataupun dapat ditekan terlalu dalam, anda harus memastikan dengan membuka tombol keyboard tersebut.
Solusi 3 : Jika masih tidak berfungsi, Gunakan program "On Screen Keyboard" / "Virtual Keyboard" yang tersedia di OS windows 7 / 8 / 8.1 / 10.
Solusi 4 : Mengganti keyboard laptop.
Solusi 5 :
1.  Matikan Laptop
2.  Lepaskan Baterai Laptop dan Charger
3. Tahan dan Tekan Tombol Power selama 60 detik (bukan berarti laptop menyala, hanya membuang energi listrik tersisa di dalam rangakaian laptop)
4.  Pasang Kembali Baterai Laptop
5.  Nyalakan Kembali Laptop Anda

2. Tidak berfungsi pada keyboard secara total

Solusi 1  : Periksa driver keyboard di BIOS ataupun pada program "Device Manager".
Solusi 2  : Periksa kabel penghubung keyboard dan motherboard dengan membongkar laptop. Untuk cara ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman.
Solusi 3 : Hilangkan debu dengan menggunakan blower / penyedot debu.
Solusi 4 : Jika masih tidak berfungsi, Gunakan program "On Screen Keyboard" / "Virtual Keyboard" yang tersedia di OS windows 7 / 8 / 8.1 / 10.
Solusi 5 : Mengganti keyboard laptop Internal maupun Portable.
Solusi 6 :
1. Matikan Laptop
2. Lepaskan Baterai Laptop dan Charger
3. Tahan dan Tekan Tombol Power selama 60 detik (bukan berarti laptop menyalanya, hanya membuang energi listrik tersisa di dalam rangakaian laptop)
4. Pasang Kembali Baterai Laptop
5. Nayalakan Kembali Laptop Anda

Sebagai tips untuk menjaga keyboard laptop agar tidak mengalami kerusakan yakni dengan menggunakan kipas pendingin agar tidak merusak hardware - hardware yang lain, khususnya pada motherboard, baterai laptop serta keyboard. Dan juga, agar tidak terlalu menekan tombol keyboard terlalu dalam supaya komponen pada keyboard tidak cepat rusak.

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Cara Merawat Keyboard Laptop Dengan Baik

    Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
    syarat dan ketentuan
    1. Komentar Harus Yang Relevan
    2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
    EmoticonEmoticon