Sunday 31 January 2016

Pengertian Sistem Operasi Komputer Terlengkap dan Terbaru

Panduanmu.net - Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang kekurangan & kelebihan pada windows 10 terbaru, pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian dari sistem operasi pada komputer, bagi pelajar cara hal ini wajib diketahui sebab dalam komputer tanpa adanya sistem operasi maka komputer atau laptop tidak akan berkerja, hal ini yang membuat sebagian orang tidak tahu bahwa sistem operasi ini sangat penting pada komputer. Banyak yang menganggap jika kita sudah membeli laptop atau komputer, sistem operasi sudah bersama pada pembelian atau menganggap bahwa sistem operasi itu tidak ada, yang ada ketika membeli laptop sistem operasi sudah ada pada leptop itu sendiri. Hal ini yang banyak diketahui oleh beberapa orang awam. Untuk mengenal tentang pengertian dari pada sistem operasi komputer, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang Pengertian Sistem Operasi Komputer yang lengkap.

Pengertian Sistem Operasi Komputer Terlengkap dan Terbaru

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi Komputer adalah sebuah perangkat lunak pada komputer atau sering disebut dengan software yang berfungsi untuk melakukan manajemen & kontrol pada perangkat keras dan operasi dasar sistem, yang termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolahan data yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah manusia dalam bidang pekerjaan atau lainnya. Sistem Operasi komputer dalam bahasa Inggris disebut dengan Operating System atau di singkat dengan OS. Jada pemahamannya adalah pengertian dari pada sistem operasi komputer sebuah software yang berfungsi untuk software pelapis utama, yang dimana software atau perangkat lunak ini yang akan menjalankan semua kegiatan daripada komputer tersebut mulai dari aplikasi atau banyak lagi. Cara kerja dari OS bila kita perjelas sebuah lapisan yang akan menjalankan semua kegiatan pada komputer.

Sepeti yang sudah dijelaskan bahwa Sistem Operasi komputer adalah software lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer yang disebut memori komputer dalam hal ini adalah Hardisk & tidak meliputi memory ram, ketika komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer sudah berjalan, sedangkan Sistem Operasi menjadi salah satu layanan inti yang umum untuk software lainnya. Jadi kalau diperjelas bisa dikatakan bahwa OS menjalankan semua software yang digunakan.

Pada layanan inti tersebut OS akan menjalankan seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task dan antarmuka user. Sehingga masing-masing software tidak lagi memerlukan atau melakukan tugas inti umum tersebut, sebab sudah dilayani serta dilakukan oleh Sistem Operasi. Dan pada bagian kode tersebut akan melakukan tugas-tugas inti tersebut yang sering dinamakan dengan kernel Sistem Operasi.

Fungsi Dari Sistem Operasi Komputer

Setelah kita tahu pengertian sistem operasi pada komputer, kita lanjutkan pada fungsi dari sistem operasi komputer. Pada dasarnya Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga akan melakukan perintah penting dalam komputer, serta menjamin semua pada aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berfungsi & dapat berjalan mulus secara bersamaan tanpa ada lagi hambatan.

Sistem Operasi Komputer juga menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori serta melakukan input & output terhadap perangkat lain, dan mempunyai akses kepada sistem file yang berada pada data.

Jika kita menjalankan aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer mengatur semua jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin proses pada komputer berjalan & mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU & tidak lagi saling mengganggu dengan perangkat lain.

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Manfaat Positif Dari Belajar Komputer

8 comments

Ini nih artikel yg saya cari buat tugasnya adek saya hehe
thanks dah di share mas

bisa buat refesensi tugas nih, thanks gan

This comment has been removed by the author.

keren nih gan artikelnya Trims udah share

Pengen banget belajar sistem operasi Linux gan... soalnya dari dulu hanya windows aja

lumayan buat bikin tugas

saat ini OS sudah berkembang pesat jauh dari awal2 munculnya, saya sempat pakai OS Necs

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon