Tuesday 26 January 2016

Pengertian Mac Address Pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Panduanmu.net - Bicara tentang jaringan komputer memang sangat banyak sekali pengertian yang harus kita ketahui, sebab memang komputer atau laptop adalah sebuah program yang diciptakan dari kumpulan-kumpulan program sehingga akan terbentuk seperti yang kita ketahui sekarang ini. Selain tentang DNS & lainnya ada program yang penting lagi yang harus Anda ketahui yakni tentang MAC Address. Jika Anda belum paham tentang Mac addres pada jaringan komputer berikut ini adalah pengertian & fungsi mac addres pada jaringan komputer.

Pengertian Mac Address Pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian Mac Address pada Jaringan Komputer

MAC Address atau disingkat dengan Media Access Control address merupakan alamat fisik suatu interface pada jaringan komputer, sebagai contoh seperti ethernet card pada komputer, interface/port pada router serta node jaringan lain, Mac addres bersifat sangat unik & berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut (laptop, ponsel, komputer dll).

Secara umum MAC Address memang dibuat & diberikan langsung pada pengguna komputer oleh pabrik pembuat NIC / Network Interface Card yang disimpan secara permanen pada ROM / Read Only Memory pada perangkat tersebut. MAC address juga bisa kita sebut dengan Ethernet Hardware Address / EHA , Hardware Addres & Physical Address.

Setelah kita tahu bahwa mac address adalah salah satu cara jaringan komputer bisa terhubung dengan jaringan lainnya. Lalu apa sebenarnya fungsi mac addres pada jaringan komputer? Berikut ini adalah penjelasan yang akan membuat kita tahu bahwa fungsi mac address pada komputer sangat berperan penting sebagai penghubung dengan komputer jaringan selain program-program lainnya.

Fungsi MAC Address Pada Jaringan Komputer

Fungsi dari pada MAC Address yaitu sebagai cara mudah untuk router dan perangkat jaringan lainnya yang secara unik akan mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan & perangkat mac address sendiri banyak digunakan oleh jaringan komputer, selain tu fungsi mac addres untuk menunjukkan bahwa Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) yang telah diadopsi sebagai standar industri. Jadi bisa dikatakn bahwa mac addres berfungsi sebagai indentifikasi dari sebuah produk atau pabrikan yang memproduksi laptop atau komputer setersebut.

Sedangkan Mac Address sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu MAC EUI-48 dan MAC-48. Sedangkan untuk perbedaan antara keduanya adalah EUI-48 adalah alamat yang ditugaskan untuk perangkat lunak dan perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan untuk MAC-48 adalah alamat yang diberikan ke perangkat keras jaringan.

Untuk mengetahui MAC-48 bisa kita temukan di Ethernet, 802.11 jaringan yang berbasis nirkabel, Bluetooth dan sedangkan pada jaringan besar lain biasanya menggunakan switch yang digunakan oleh perusahaan telekomunikasi.

EUI-48 alamat tidak banyak digunakan dalam cara tetapi masih bisa ditemukan dalam teknologi jaringan Firewire, IPv6 dan segmen kecil pribadi pada jaringan internet nirkabel. Mac address memang sangat unik bahkan untuk mengetahuinya saja kita harus melakukan beberapa cara sehingga akan lebih tahu tentang mac address pada komputer / laptop.

Kesimpulanya adalah bahwa mac address adalah sebuah program unik yang akan lebih mudah untuk mengetahui atau mengidentifikasi pada komputer atau laptop. Umumnya mac address harus selalu unik & memang dibuat selalu unik sehingga akan mudah membedakan antara perangkat satu dengan lainnya. Semoga dengan penjelasan ini kita akan lebih tahu pengertian dari mac address & fungsi dari mac address itu sendiri,

Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Tentang Pengertian Mac Address Pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Pengertian FTP & Cara Kerja FTP
bye

6 comments

Owh, Baru taw saya. Thanks infonya.

Baru tahu kalau fungsi Mac Address semacam ini. Ane hanya pernah denger dari temen yang pny warnet namun gag jelas apa maksudnya

wah baru tau ane gan fungsu mac address heheh maklum newbie gan

cara ganti MAC ADDRESS nya sendiri dimana dan gimana caranya gan?

ilmu baru nih buat ane. thanks yah gan

ane masih New Bie gan hehehe masih belajar soal Mac Adress

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon