Wednesday 27 January 2016

Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Panduanmu.net - Memang sangat banyak sekali macam-macam jaringan komputer, seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu tentang Mac Address. Untuk pelajaran selanjutnya kita membahas tentang pengertian & fungsi dari pada router pada jaringan komputer. Seperti dalam beberapa penjelasan bahwa fungsi dari pada router hampir sama dengan LAN atau istilah komputer jaringan. Namun untuk lebih mengenal tentang router berikut ini penjelasannya.
Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Pengertian Router Pada Jaringan Komputer

Pengertian Router pada jaringan komputer merupakan salah satu perangkat keras yang berada pada jaringan komputer yang fungsinya untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lain. Router dengan skala yang lebih besar bisa memberikan & berbagai tingkat fungsionalitas tergantung, semua itu tergantung dari tujuan bagaimana fungsi router dibuat. Menggunakan & memahami fungsi router untuk saat ini sangat penting dalam jaringan komputer, sehingga Anda akan lebih mudah untuk memahami berbagai jenis router dan fungsi router yang dibagikan pada jaringan komputer.

Setelah kita tahun tentang pengertian dari roter, kini saatnya kita tahu tentang fungsi dari router tersebut, sebab bila kita lihat dari penjelasan diatas, fungsi router ini sangat penting untuk jaringan komputer, bahkan dengan menggunakan router akan lebih mudah & afisien dibanding dengan lainnya.

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Fungsi router adalah sebagai penghubung antara dua atau lebih pada jaringan komputer untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya dengan cepat. Tapi perlu kita ketahui bahwa router berbeda jauh dengan Switch, karena Switch biasanya hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer saja dan akan membentuk membentuk LAN / local area network. Sedangkan fungsi router sendiri dimanfaatkan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN lainnya. Jadi kesimpulannya adalah menggunakan router akan lebih mudah untuk saling berbagi pada jaringan komputer, bahkan dengan menggunakan router semua tentang berbagi akan selalu mudah, kapan pun Anda butuhkan untuk saling tranfer data bisa langsung Anda lakukan saat itu juga.

Berikut ini adalah beberapa jenis router pada jaringan komputer yang harus kita ketahui.

1. Router Aplikasi - Router aplikasi adalah sebuah aplikasi yang dapat kita instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi tersebut memiliki kemampuan seperti router, sebagai contoh aplikasi router adalah Winroute, WinGate, WinProxy dan banyak lagi.

2. Router Hardware - Router Hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan sebagai router, dengan menggunakan hardware tersebut kita dapat membagi IP Address, Router hardware bisa digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router adalah access point, yang dimana wilayah yang mendapatkan Ip Address sehingga akan koneksi dengan internet yang sering kita sebut dengan Hot Spot Area.

3. Router PC - Router PC adalah sebuah komputer yang sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat router PC kita tidak harus menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Dengan memanfaatkan komputer dengan prosesor pentium 2 pun bisa kita buat sebagai router, dengan hard drive 10 GB serta ram 64 yang telah tersedia LAN Card sudah bisa kita gunakan sebagai router PC. Namun perlu diketahui untuk menggunakan komputer yang dijadikan router harus sudah diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router & sistem operasi populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik. Yang sering kita jumpai pada kantor, sekolah atau warnet banyak yang sudah menggunakan router PC

itulah beberapa pengetahuan yang bisa saya share yah dan Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Tentang Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Perlu Di Ketahui
bye

10 comments

mantap infonya gan untuk orang seperti saya yang enggak paham tentang jaringan nice info gan

ane baru paham nih tentang jaringan lewat artikel ini. thanks yah gan udah share

lebih bagus mana gan dari 3 router tersebut?

makasih gan
buat tugas nih :)

terimakasih infonya... artikel telah membuka wawasan saya tentang jaringan komputer secara lebih luas lagi

terimakasih banyak atas infonya gan

bisa buat referensi makalah nih, thanks gan

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon