Friday 20 May 2016

Cara Menghitung Kecepatan Akses Jaringan Internet Yang Anda Miliki

Cara Menghitung Kecepatan Akses Jaringan Internet Yang Anda Miliki – yang pertama anda perhatikan adalah pengertian tentang kecepatan jaringan internet tersebut. Dari kalangan anak-anak,remaja maupun dari kalangan orang dewasa pastinya sudah tahu dengan yang namanya internet, dan kecepatan internet itu sendiri merupakan sebuah kecepatan transfer data pada saat anda ingin melakukan akses melalui jalur internet.
Sedangkan untuk kecepatan transfer data tersebut merupakan jumlah data dalam bit yang melewati media tertentu dalam satu detik. Dengan adanya penjelasan singkat seperti ini, anda pasti sudah tahu kenapa untuk mengakses sebuah situs di web browser dengan menggunakan smartphone harus menggunakan DATA.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Menghitung Kecepatan Akses Jaringan Internet Yang Anda Miliki

Pada umumnya sebuah ISP seperti telkom memberikan beberapa pilihan kecepatan internet untuk kita berlangganan. Mulai dari 256 Kbps,512 Kbps, 1mbps dan seterusnya, tapi tahukah anda, bahwa kecepatan internet tersebut tidak seperti apa yang kita inginkan ketika kita ingin melakukan sebuah browsing di internet.
Sekarang kita contohkan yang mana 512 Kbps itu adalah pilihan kecepatan internet untuk kita berlangganan. Dan ketika anda sudah berlangganan dengan kecepatan tersebut pasti anda kaget, kenapa kecepatannya sudah 512 Kbps dan pada saat digunakan untuk browsing tiba-tiba sangat lambat sekali apalagi kalau di tambah lebih banyak user yang menggunakannya J

Cara Menghitung Kecepatan Akses Jaringan Internet Yang Anda Miliki

Teori dari permasalahan ini hanya sangat sekali. Sebelum kita membahas hal ini anda harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara bit dan byte.
Bit merupakan satuan terkecil dalam komputer yang ditandai dengan huruf kecil (b) sedangkan Byte di tandai dengan huruf besar (B).
1 Byte = 8 bit
Kecepatan internet menggunakan satuan bit sedangkan penyimpanan data menggunakan satuan Byte
Kalau anda sudah tahu, mari kita belajar hitung-hitungannya.
KBps = Kilo Byte Per Second
Kbps = Kilo bit per second
Nah, untuk menghitung kecepatan 512 Kbps yang anda miliki yaitu dengan cara mebaginya dengan 8. Jadi, 512 / 8 = 64 KBps. Itulah kecepatan yang anda dapatkan apabila berlangganan dengan kecepatan 512 Kbps. Menurut saya kecepatan seperti ini sangatlah lambat sekali, belum lagi yang menggunakannya lebih dari 2 orang. Sudah pasti berapa lama anda untuk menunggu loading dari sebuah situs :D

Cara Menghitung Kecepatan Akses Jaringan Internet Yang Anda Miliki

Rumus umum lainnya yang biasa dipakai :
Kecepatan = Jumlah file : waktu
Jumlah file = Kecepatan x waktu
Waktu = Jumlah Kecepatan : Waktu
Apabila anda masih bingung juga dengan rumus di atas, berikut saya kasih contoh soal menggunakan rumus diatas
1. Sebuah file video berukuran 25 Mb dapat didownload dalam waktu 10 Menit. Berapakah kecepatan internet yang digunakan ?
Jawaban:
25 Mb = 25600 Kb
10 Menit = 600 Second
Kecepatan = Jumlah File : Waktu
Kecepatan = 25600 : 600 = 42.667 KBps
Jadi, itulah salah satu contoh bagaimana cara menghitung kecepatan akses jaringan internet yang anda miliki.
Bila anda merasakan manfaat dari artikel ini dan apabila berkenan, jangan lupa share artikel ini yah. Agar semua orang juga bisa merasakan manfaat dari artikel ini J

2 comments

ternyata punya ane lelet gan :3

sama, saya juga begitu mas :D. mungkin solusinya yah ganti ke indihome ajah mas. soalnya saya juga masih pake speedy yang biasa :D

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon