Tuesday 2 February 2016

Teknologi Terbaru Yang Menggerakkan Komputer Dengan Otak

Panduanmu.net - Dijaman modern seperti ini semua teknologi berkembang sangat pesat, bahkan lebih lebih cepat apa yang kita bayangkan. Sepeti komputer misalnya adalah salah satu teknologi yang tercanggih saat ini yang mengalami peningkatan luar biasa. Mungkin Anda sudah mendengar tentang sebuah komputer yang bisa digerakkan menggunakan otak. Jika Anda sudah mendengar berita ini tentu Anda sudah tahu bahwa komputer memiliki teknologi yang luar biasa yang akan membantu menusia dalam menciptakan teknologi baru.

Teknologi Terbaru Yang Menggerakkan Komputer Dengan Otak

Dalam beberapa berita sudah disebutkan bahwa perkembangan teknologi kini memungkinkan manusia untuk semakin mudah dalam mengoperasikan komputer. Ide yang muncul pada penerapan sistem otak bisa mengendalikan komputer diciptakan oleh Brain Computer Interface (BCI), pada pameran komputer terbesar di dunia BCI menyajikan teknologi terbaru & teknologi masa depan, acara pameran tersebut diselenggarakan di Hannover, Jerman. Seperti kita ketahui pada tahun-tahun sebelumnya, pameran komputer seperti ini selalu menghadirkan penemuan terbaru & Teknologi BCI yang termasuk salah satu produk unggulan yang diperlihatkan. Dengan teknologi komputer yang bisa digerakkan dengan otak akan semakin mudah bagi penyandang cacat untuk mengakses komputer.

BCI atau Brain Computer Interface Adalah lembaga prestisius Fraunhofer Institute for Device Architecture and Software Technology yang bermarkas di Berlin, Jerman. yang merupakan satu-satunya lembaga yang mewujudkan alat ini. Lembaga ini bisa menciptakan Brain Computer Interface yang mampu untuk menerjemahkan pikiran dengan niat yang menjadi sinyal kendali. Dengan teknologi komputer otak ini pengguna tidak lagi harus menggunakan tombol lagi. Dengan menggunakan teknologi tercanggih ini mereka harus memakai alat elektro encephalo gram yang mampu untuk merekam aktivitas elektrik otak. Dari beberapa sumber berita menyebutkan di masa depan, komputer yang bisa dikendalikan dengan otak ini diharapkan bisa memudahkan penyandang cacat untuk bisa mengaktifkan program komputer secara mandiri & berselancar di dunia maya.

Banyak yang memberikan project untuk teknologi terbaru ini bahkan dari beberapa perusahaan otomotif di dunia memberikan kesempatan untuk uji coba dalam pengembangan komputer otak di aplikasikan pada sebuah mobil. Ungkapan ini disebut dalam berita dunia yang mengatakan "Yang paling diminati oleh produsen mobil adalah komputer yang dapat mendeteksi ketika seseorang sama sekali tidak berkonsentrasi saat sedang mengemudi, misalnya karena mereka mengantuk atau mungkin karena lalai" ucap Alan Blackwell dari Departemen Ilmu Saraf di Universitas Cambridge. Ini kutipan berita tersebut, jadi bisa kita ketahui bersama bahwa dengan teknologi komputer yang menggunakan syaraf otak bukan tidak hayal akan memberikan sinyal baik untuk produksi otomotif.
Selain diminati oleh perusahaan otomotif, komputer yang menggunakan otak ini juga dilirik oleh sebagaian dokter di dunia. Seperti yang dikutip pad quote berikut:

"Apabila dokter bedah sedang berkonsentrasi tinggi, melakukan operasi yang begitu kompleks, ini akan terlihat dengan lampu kecil berwarna merah, sehingga koleganya mengetahui dan tidak melontarkan pertanyaan," kata Zander. Ini salah satu pernyataan dari beberapa ahli bedah pada teknologi terbaru ini.

Jadi apakah mungkin perkembangan teknologi ini akan memberikan efek baik untuk manusia di masa depan? Atau bahkan sebaliknya. Kita akan tunggu teknologi terbaru ini di masa mendatang. Semoga dengan adanya perkembangan teknologi terbaru ini kita bisa menikmati dari teknologi tersebut, sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mengoperasikan komputer melalui syaraf otak.

Baca juga sejarah perkembangan windows lama ke windows baru

6 comments

wah makin maju aja gan teknologi sekarang

Makin canggih aja ini tekonologi haha

teknologi jaman sekarang makin maju aja gan Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan AI kecerdasan buatan mantap infonya gan

makn hari mskin maju sj,..
tp apakah pny effec buruk bg pengguna,,by dedi mekanikmitsubishi

menurut saya, nggk ada efek buruknya yah, karena dengan adanya tknologi ini bisa membantu para pengguna manapun skaligus yang hanya memiliki kekurangn fisik

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon