Friday 26 February 2016

Perbedaan Fitur Yang Harus Di Ketahui Pada Antivirus


Panduanmu.net - Beberapa hari yang lalu, teman saya bertanya kepada saya bahwa laptop dia terserang virus dan dia sendiri tidak tahu apakah tindakan yang harus dia pilih untuk membersihkan virus tersebut karena infeksinya mengenal bagian fatal sistem, yaitu Sytem32.

Perbedaan Fitur Yang Harus Ketahui Pada Antivirus

Saat itu dia menggunakan antivirus "Microsoft Security Essential" dan pilihan yang diberikan adalahremove, clean dan ignoring / allow. Lalu saya pilih clean dan akhirnya tidak ada kerusakan pada sistem dan file yang terinfeksi tersebut kembali berfungsi seperti sediakala.

Fitur remove, clean serta disinfect ini tidak hanya terdapat pada antivirus microsoft security essential saja, hal ini juga terdapat pada antivirus Kapersky, Avast, AVG, Avira dan antivirus lainnya. 3 tindakan tersebut seringkali menimbulkan salah kaprah bagi penggunannya dan akhirnya menimbulkan kerusakan pada program hingga sistem.


Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman serta memberikan pengertian kepada anda, saya akan menjelaskan satu - persatu mengenai hubungan, perbandingan serta fungsi tiap - tiap fitur tersebut.

Perbedaan Fitur Yang Harus Ketahui Pada Antivirus

1. Fitur Remove

Tindakan ini sudah jelas - jelas berfungsi sebagai tindakan menghapus file terinfeksi. Tindakan ini benar - benar membersihkan file terinfeksi hingga tidak bisa kembali muncul di hardisk. 

Namun jika file terinfeksi virus tersebut mengindap difolder system32 atau file kesayangan anda, mungkin lebih baik anda berpikir baik - baik mengenai jenis virus yang mengindap dan fungsi dari file yang terinfeksi dengan bertanya pada ahli PC maupun bertanya pada forum komputer. 

Sebagai rekomendasi, tempatkan tindakan Remove sebagai pilihan yang ketiga setelah disinfect danclean. Gunakan fitur ini sesegera mungkin jika virus tersebut mempunyai level bahaya tingkat tinggi.

2. Fitur Clean

Tindakan selanjutnya yaitu "Clean". Tindakan ini berfungsi untuk menghilangkan virus yang menempel pada sebuah file sehingga tidak menghilangkan file dan hanya menghancurkan virus di dalamnya. Selain itu, fitur ini juga menyusun ulang data yang telah dihancurkan oleh virus tersebut sehingga dapat digunakan kembali seperti sediakala.

Sebagai rekomendasi, tempatkan tindakan Clean sebagai pilihan yang kedua setelah disinfect. Gunakan fitur ini sesegera mungkin jika virus tersebut mempunyai level bahaya tingkat sedang dan tinggi yang masih mempunyai kemungkinan untuk diselamatkan. Contoh virus yang dapat dihilangkan dengan fitur ini adalah malware " Virut BO " , "Virut BN", dan " Virut eq"

3. Fitur Disinfect

Disinfect tidak jauh beda dengan tindakan clean, hanya saja perbedaannya pada kekuatan dan banyaknya perintah yang akan dijalankan.Disinfectan mempunyai peran yang lebih ringan dan simpel jika dibandingan dengan tindakan Clean, karena itu disinfect seringkali muncul pada infeksi level ringan.

Sebagai rekomendasi, tempatkan tindakan Clean sebagai pilihan yang pertama sebelum memilih tindakan clean ataupun remove. Contoh virus yang ditangani oleh tindakan ini adalah malware "zeppetto" yang seringkali menempel pada file program game online "Point Blank"

Demikian yah yang bisa saya bagikan untuk anda, baca artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda tentang Pada Sistem Operasi Komputer Inilah 5 Antivirus Yang Terbaik Di Dunia

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon