Friday 22 January 2016

Pengertian FTP & Cara Kerja FTP

Panduanmu.net - Mungkin kita sering bertanya pada diri kita sendiri, bagaimana mungkin kita bisa melakukan download data dari server lain dan upload data ke server. Hal ini sangat berkaitan penuh dengan yang namanya jaringan komputer. Penjelasan jaringan komputer secara detail bisa kita ketahui pada postingan pengertian jaringan komputer yang sudah di postingkan beberapa waktu yang lalu, untuk menambah pengetahuan kita tentang jaringan komputer tidak lengkap jika kita tidak tahu tentang bagaimana orang bisa mengambil data dan mengirim data dengan cepat, salah satunya adalah menggunakan FTP. Jika kita sudah sering mendengar FTP lalu apa pengertian dari FTP itu sendiri & bagaimana cara kerja FTP? Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian FTP & Cara Kerja FTP

Pengertian FTP

FTP atau file tranfer protocol adalah protocol internet yang berfungsi untuk tranfer data sesama komputer, pengertian lainnya tentang FTP adalah cara mengirim data dalam jaringan komputer dengan mudah yang sering kita ketahui seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. Dengan bantuan FTP ini maka kita tidak membutuhkan perangkat lain untuk mengambil data & mengirim data.

Jadi kalau kita simpulkan kalau FTP ini merupakah salah satu jalur yang paling umum digunakan untuk pertukaran data dalam bentuk file, gambar, software & banyak lagi. Biasanya ukuran upload & download tidak terbatas, yang membatasi kecepatan tersebut biasanya server hosting yang menampung file tersebut.

Dalam hal ini FTP dibagi menjadi dua bagian yakni FTP server & FTP client. Berikut penjelasannya:

  • FTP Server adalah sebuah server yang bertugas untuk melayanani pengiriman / pertukaran data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) dahulu kepada FTP server.
  • FTP Client adalah komputer/ perangkat lainnya yang meminta layanan pertukaran data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server.
Itulah pengertian dari pada FTP. Setelah kita tahu bahwa FTP itu sangat penting dalam jaringan komputer, mari kita tahu tentang cara kerja FTP, sehingga kita akan lebih paham dari pada FTP tersebut.

Cara Kerja FTP

Cara Kerja FTP yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan metode autentikasi standar, dimana kita diwajibkan untuk memiliki username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server. Hal ini dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang mengakses & siapa saja yang sudah masuk ke FTP server. Dengan kata lain diperlakukannya username & passwords tidak lain untuk membuat privacy untuk FTP server, sehingga server akan lebih mudah mengatur semua penggunanya. Dan pengguna yang sudah terdaftar yang memiliki username dan password bisa melakukan akses penuh pada beberapa direktori beserta file yang ada di dalamnya, sehingga pengguna yang sudah terdaftar dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.

Untuk cara kerja FTP itu sendiri, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi pada FTP server, jika sudah terhubung dengan baik, maka FTP server akan memberikan akses FTP client untuk dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download. Proses seperti ini dilakukan dalam beberapa menit saja jika sudah terdaftar di FTP server.

Itulah penjelasan pengertian & cara kerja FTP yang harus kita ketahui, dengan menggunakan FTP tentu semuanya akan mudah untuk mengirim & menerima file dari komputer manapun.

Semoga apa yang saya sudah share tadi untuk anda bisa bermanfaat yah. karena anda sudah membaca artikel Pengertian FTP & Cara Kerja FTP ini, jangan lupa Subscribe,Comment dan like artikel ini yah. sekaligus share artikel ini agar yang banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya

Ini artikel lainnya yang lebih bermanfaat untuk anda Cara Mudah Melihat Spesifikasi Sistem Operasi Komputer
bye

Terimah Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar
syarat dan ketentuan
1. Komentar Harus Yang Relevan
2. Tidak boleh menautkan link aktif di dalam komentar
EmoticonEmoticon